Lama sekali mencari cara untuk bisa mengkolaborasikan script PHP dengan blog gratisan. Ini masalah yang saya temukan ketika harus meminta pembaca mengirimkan/upload file Pasang Iklan ke admin.  Tapi akhirnya ketemu juga caranya.  Yang jelas www.blogger.com tidak menyediakan pemroses skrip php untuk penggunanya, jadi para pengguna blogger.com tidak bisa menyisipkan skrip php ke dalam blog nya, page maupun tambah gadget.  Tapi tenang saja ada cara lain agar postingan kita bisa kita sisipkan kode PHP.

Langkahnya cukup mudah tapi keren.


1.  Siapkan kode PHP nya terlebih dahulu. 

Bahkan bisa lebih dari satu, ataupun link antar file PHP juga bisa dilakukan. Saya ambil contoh bagaimana saya bisa menambahkan Form pengiriman banner iklan ke website www.e-snacks.net ini.  Disini melibatkan script yang lumayan kompleks karena melibatkan PHP dan MYSQL. Tempatkan semua komponen di bawah ini dalam hostingan anda. 
Rahasianya begini : Berpuluh kali saya menempatkan semua komponen diatas di folder root (public_html) tapi gagal terus. Diakali sedikit muncul ide dengan membuat subdomain. Mengapa begitu? karena ketika saya akses www.e-snacks.net selalu lari ke blogspot yang di-direct. Jadi memang harus melalui sub-domain.

Untuk membuat database SQL saya yakin anda sudah sangat faham.


2. Upload skrip PHP pada hosting gratis atau berbayar yang support PHP.

Semua file dan satu folder saya tempatkan di root folder dari  subdomain iklan.e-snacks.net . 
Untuk membuat sub domain anda sudah bisa kan ? Gampang, dari beranda cpanel cari menu "Modify Subdomain". 

3. Hubungkan subdomain dengan blog.
Login ke blogger dan buatlah satu Page sebagai penghubung antara blogger dengan script PHP yang ada di sub-domain tadi.  Pastikan anda berada dalam panel HTML (bukan Compose ya)  untuk bisa menempatkan kode penghubungnya.


4. Masukan script di bawah ini pada Page. 

<object align="middle" data="http://subdomain_hosting_anda.com/file php anda.php" height="800"   overflow="hidden" scrolling="no" type="text/html" width="600">

Perhatikan warna biru. "file php anda" yang dimaksud adalah file utama, kebetulan di contoh saya adalah index.php.  Dari index.php itulah yang akan menuju file-file lain termasuk berkaitan dengan memanggil database.  
Sedangkan angka 800 x 600 bersifat opsional. Sesuaikan dengan posisi sidebar pada blog anda. Disini akhirnya saya mengubah menjadi 400x300 supaya lebarnya tidak menabrak bagian lainnya.

5. Langkah terakhir kemudian SAVE atau langsung PUBLIKASIKAN.  Selanjutnya jalankan Page yang sudah anda buat.

6. Dan contoh tampilannya ada di menu "Pasang Iklan" di website ini.   http://www.e-snacks.net/p/pasang-iklah-di-www.html



Kalau kesulitan bisa kirim email atau melalui Contact Us.