Di era digital ini hampir segala macam kegiatan dapat dilakukan secara online lewat gadget yang anda miliki. Mulai dari mempermudah berkomunikasi, mencari info-info, hingga berbinis pun dapat dilakukan secara online. Saat ini, perkembangan bisnis online di Indonesia sudah sangat pesat. Ada banyak orang yang membuka peluangnya lewat dunia maya, tak terbatas pada orang-orang kalangan atas saja, bisnis online ini dapat dilakoni semua orang dari berbagai kalangan.
Meski demikian, masih banyak orang-orang awam yang meragukan keberhasilan bisnis lewat online ini. Bagi beberapa orang, bekerja adalah keluar rumah entah itu menjadi pegawai atau berdagang. Padahal di zaman serba modern ini, kerja pun dapat dilakukan di rumah.
Nah, berikut beberapa kisah inspiratif orang-orang Indonesia yang sukses lewat bisnis online. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Budiono Darsono

Budiono Darsono bisa dikatakan sebagai pelopor pendiri situs berita online pertama yang ada di Indonesia, yakni Detik.com. Siapa yang tidak mengenal Detik.com sekarang, sebagai salah satu portal berita terbesar di Indonesia?
Budiono Darsono
Budiono Darsono [source]
Situs tersebut awalnya didirikan karena majalah Detik dibredel oleh pihak pemerintah Orde Baru karena dianggap berlawanan arus dengan pemerintah. Sementara itu, regulasi pemerintah mengenai media Internet belum banyak.

2. Anne Ahira

Sebelumnya, nama Anne Ahira cukup mengundang kontroversi di ranah Internet marketing. Ia dianggap sebagai penipu dan kemampuan berbinisnya pun juga diragukan.
Anne Ahira
Anne Ahira [source]
Wanita yang lahir di Bandung ini memulai bisnis online-nya sejak tahun 2001 Kemudian pada tahun 2005 dia mendirikan sebuah sekolah internet marketing online bernama AsianBrain.com. Saat ini AsiaBrain.com sendiri memiliki banyak anggota dari seluruh Indonesia. Atas kesuksesannya tersebut, Anne Ahira pernah diundang oleh pemerintah untuk mewakili Indonesia sebagai pembicara APEC pada tahun 2007.

3. Andrew Darwis

Hayo, siapa sih yang tidak kenal Andrew Darwis? Jika kamu anak sosmed dan sering baca-baca berita secara online, kamu pasti mengenal situs bernama Kaskus.co.id, kan?.
Andrew Darwis
Andrew Darwis [source]
Yup, situs komunitas terbesar di Indonesia ini dipelopori oleh lelaki muda bernama Andrew Darwis. Benar-benar luar biasa, bukan? Masih muda dan bertalenta.

4. Hendrik Tio

Apakah anda cukup familiar dengan toko online bernama Bhineka.com? Ya, toko online tersebut didirikan oleh seorang pria asa Indonesia bernama Hendrik Tio.
Hendrik Tio
Hendrik Tio [source]
Toko online yang didirikan sejak tahun 1999 tersebut, kini telah mengantongi omset mencapai 60 milyar setiap tahunnya.

5. Suwandi Chow

Suwandi Chow adalah salah satu pebisnis online sukses Indonesia yakni bergerak di bidang konsultan website dan copywriting. Ia juga sering membagikan berbagai informasi penting mengenai Internet Marketing.
Suwandi Chow
Suwandi Chow [source]
Suwandi Chow berkali-kali diminta menjadi pembicara di berbagai seminar dari eProfitMatrix.com, Underground Seminar di Indonesia dan juga berprofesi sebagai live translator bahasa Inggris ke Indonesia di berbagai acara Internet Marketing.

6. Habibie Afsyah

Walaupun memiliki keterbatasan fisik (difabel), Habibie Afsyah sukses berbisnis online lewat afiliasi Amazon.com.
Habibie Afsyah
Habibie Afsyah [source]
Sekarang Habibie dikenal sebagai tokoh bisnis online dan sering menjadi trainer dan telah menerbitkan buku. Habibie juga sukses memproduksi produk kuliner unik dengan brand sendiri, yaitu Mbah Sukun.

7. Aminah

Kalian mungkin tak banyak mendengar nama wanita yang satu ini. Namun lewat bisinis onlinenya berjualan pecel semanggi, wanita ini memperoleh kesuksesan di hidupnya. Aminah menceritakan sedikit perjalanan sukses hidupnya hingga dirinya bisa merenovasi rumahnya, mendaftarkan asuransi pendidikan dan kesehatan kedua anaknya hingga bisa membeli mobil BMW untuk keperluan operasionalnya.
Aminah
Aminah [source]
Ada beberapa makanan khas Surabaya yang dijual Aminah, seperti pecel semanggi, lontong balap, lontong kikil, tahu campur serta gado-gado. Dalam seminggu ia mengaku bisa mendapatkan omzet sekitar 3-5 juta rupiah per minggu.

8. Anindha Maharani Alboneh

Ada yang sudah tahu dengan toko yang namanya “Bonnehouse Wholesale“? Mungkin banyak diantara kalian yang sudah sering berkunjung atau berbelanja di toko yang satu ini.
Anindha Maharani Alboneh
Anindha Maharani Alboneh [source]
Ternyata toko online “Bonnehouse Wholesale”, adalah milik seorang mahasiswi cantik bernama Anindha Maharani Alboneh. Bisnis online miliki Nindha ini dijalankan sejak tahun 2012. Ia memilih bisnis secara online karena dianggap lebih simple, mudah dijalankan, serta lebih mudah berkembang dan maju. Nindha bisa dikatakan sebagai salah satu penjual online yang cukup sukses, dengan penghasilan hingga Rp 10 juta per bulannya.
Sebenarnya masih banyak remaja-remaja Indonesia lainnya yang sukses lewat sebuah bisnis online. Pada intinya, rejeki dapat dicari dimana saja, bahkan dari rumah sekalipun. Asalkan ada tekad dan usaha keras, anda pasti bisa memperoleh kesuksesan.