Ratusan website dan blog menawarkan berbagai teknik SEO (Search Engine Optimization). Terakhir saya menulis sebelum akhirnya berganti domain, saya kesulitan menempatkan website di posisi atas Google. Dari semua teknik saya coba rangkum disini, sebagian terjemahan, ada juga dari Mas Sugeng Blog, dan pelatihan-pelatihan di daerah saya.
Teknik SEO favorit saya yang hanya membutuhkan waktu 1 jam per hari tapi bisa langsung menaikkan traffic dan peringkat di Google.
Internet Marketing NO 1
Teknik SEO favorit saya yang hanya membutuhkan waktu 1 jam per hari tapi bisa langsung menaikkan traffic dan peringkat di Google.
Internet Marketing NO 1
Yang jelas, saya juga sedang mencoba untuk men-SEO beberapa website penting yang sedang saya kerjakan, alih-alih menguji benarkan teknik-teknik ini berjalan sesuai keinginan. Yang penting, cara-caranya wajar, termasuk teknik black hat nya juga aman.
Apakah nanti hasilnya dijamin sukses, tentu tergantung ketekunan dan ketelatenan anda. Bahkan praktisi SEO dunia pun tidak ada yang berani menjamin usahanya 100 persen berhasil. Namun demikian bila anda kurang percaya, saya akan lampirkan beberapa hasil penelitian dan studi kasus yang sudah ada.
Apakah nanti hasilnya dijamin sukses, tentu tergantung ketekunan dan ketelatenan anda. Bahkan praktisi SEO dunia pun tidak ada yang berani menjamin usahanya 100 persen berhasil. Namun demikian bila anda kurang percaya, saya akan lampirkan beberapa hasil penelitian dan studi kasus yang sudah ada.
Berikut ini rahasianya .. .
Rahasia #1 – Modifikasi teks dari website lain menjadi backlink
Backlink merupakan salah satu faktor terbesar yang mempengaruhi peringkat kita. Jenis-jenisnya bisa anda lihat di berbagai website dalam bentuk komentar blog, social bookmark, guest book, direktori, dan sejenisnya. Untuk membuat backlink tidak bisa sembarangan, backlink terbaik yang seharusnya anda buat adalah yang berasal dari website yang memiliki reputasi bagus, terkenal mungkin? dan masih aktif.
Mengingat ini melibatkan website orang lain, saya sarankan minta ijin dulu dari pemiliknya. Pemilik website sebenarnya akan sangat senang memberikan kita backlink untuk konten mereka. Contoh backlink seperti berikut :
Mengingat ini melibatkan website orang lain, saya sarankan minta ijin dulu dari pemiliknya. Pemilik website sebenarnya akan sangat senang memberikan kita backlink untuk konten mereka. Contoh backlink seperti berikut :
Awalnya link tersebut hanya berupa teks, tapi kemudian diubah menjadi link yang bisa di-klik. Nah, gimana kita bisa menemukan website yang kita inginkan untuk dibuat backlink ? Kalau anda tidak suka meminta-minta anda dapat mencarinya di Google. Pertama, buka Google dan lakukan pencarian dengan kata kunci “namawebsite” -site:namawebsite.com.
Akan muncul daftar website yang menyebutkan nama website anda dengan tidak memunculkan alamat website anda sendiri. Contohnya ketika saya cari www.e-snacks.net di gambar berikut :
Ternyata banyak website yang mencantumkan kata e-snacks hahaha ... Selanjutnya telusuri hingga halaman-halaman berikutnya. Kadang di halaman 10 ke atas pun masih bisa anda temukan website seperti contoh di atas. Jadi anda sekarang bisa menebak mengapa saya menggunakan kata SNACK untuk domain saya. Selanjutnya silakan eksekusi website itu sebanyak-banyaknya ...
Rahasia #2 – Perpanjang artikel menjadi 2500 kata
Kebetulan saya suka menulis. Dulu, kata mas Sugeng, kalau menulis artikel dengan 300 atau 500 kata saja sudah bagus. Tapi menurut saya kurang tepat. Jumlah kata 300 - 500 memang sudah cukup kalau website kita menyediakan konten berita atau konten lain yang non artikel. Untuk konten artikel, masih sangat-sangat kurang.
Sebuah statistika dari serpIQ menunjukkan hasil penelitian untuk mengetahui panjang rata-rata artikel yang muncul di halaman pertama Google. Berikut ini hasilnya:
Rata-rata artikel yang muncul di peringkat 1-3 adalah 2500 kata. Logikanya begini, Artikel yang panjang biasanya informasinya banyak. Semakin banyak informasinya, maka pembaca makin puas dan bertahan lama di website kita. Artikel yang membuat pembacanya puas akan mendapatkan lebih banyak share dan tentunya backlink.
Sebenarnya 2500 kata ini sudah digabung dengan teks-teks lain selain artikel, misalnya teks di header, sidebar, bahkan di komentar. Oleh karena itu artikel sepanjang 1500 kata juga sudah bisa menutup angka 2500.
Perhatikan juga bahwa tidak semua artikel yang panjang itu bagus. Cara anda memanjangkan artikel harus memperhatikan kedalaman materinya. Penambahan kata-kata sekedar basa-basi untuk mencapai jumlah kata tertentu hanya menambah panjang tapi tidak menambah bobotnya.
Misalnya anda punya artikel “teknik SEO untuk blogger” yang memuat 5 teknik. Daripada menambahkan kalimat-kalimat di setiap poinnya, kalau saya lebih baik tambahkan dari 5 teknik menjadi 10. Trus, kata teknik saya ganti menjadi "rahasia". Lebih membuat penasaran, kan ?
Rahasia #3 – Bikin judul tulisan yang "merangsang".
Merangsang pengguna untuk meng-klik hasil pencarian dalam kata kunci tertentu. Artinya, kalau persentase klik ke website anda lebih tinggi daripada ke website lain maka peringkat website anda akan naik melebihi mereka.
Jadi kalau kita bisa melakukan rekayasa terhadap website kita di hasil pencarian supaya orang-orang lebih tertarik untuk melakukan klik, maka kita bisa dengan segera meningkatkan rangkingnya.
Coba perhatikan tampilan website di hasil pencarian Google berikut ini :
Judulnya. Ya judulnya. Karena merupakan yang ukurannya paling besar dan paling menarik perhatian. Beberapa tips diberikan oleh mas Sugeng untuk mengoptimasi judul, tapi menurut saya bisa anda pilih setidaknya memuat dua komponen berikut :
- Buat sedetail mungkin
- Jelaskan manfaat yang didapatkan setelah membaca artikel
- Gunakan angka
- Gunakan kalimat tanya
- Gunakan kata yang sedang trendy
Rahasia #4 – Tambahkan LSI untuk meningkatkan relevansi dan variasi keyword
Sudah pernah dengar LSI, Latent Semantic Indexing?
Semua search engine modern memanfaatkan sistem LSI untuk bisa memahami arti dari suatu kata dalam artikel. Caranya dengan membaca kata-kata yang mengelilinginya.
Kita juga bisa memanfaatkan sistem LSI ini dalam 2 hal:
- Meningkatkan relevansi artikel terhadap kata kunci. Semakin relevan maka peringkat akan semakin baik.
- Menambah kemungkinan artikel untuk ter-rangking dalam kata kunci LSI lain.
Tempat termudah untuk menemukan keyword LSI adalah di hasil pencarian Google sendiri.
Selain di hasil pencarian, anda juga bisa menemukan yang lainnya di Google Keyword Planner.
Langkah selanjutnya, edit artikel anda dan tambahkan kata-kata yang dicetak tebal.
Tempatkan di bagian awal artikel, di tengah, di akhir, atau dimanapun yang masuk akal.
Tapi ingat, musuh utama dari pembuat konten dalam SEO adalah optimasi yang berlebihan. Jadi jangan lakukan pengulangan kata berkali-kali dalam artikel anda.
Yang lebih penting lagi, pastikan setiap kalimatnya terbaca secara alami dan tidak dibuat-buat hanya untuk menampung keyword.
ezSEONews
ezSEONews
Rahasia #5 – Buat aset yang bisa mengundang backlink untuk konten
Teknik nomor 5 ini luar biasa, karena itu saya sangat-sangat menyarankan anda untuk mempunyai aset di setiap konten yang sudah dan akan anda buat kedepannya.
Tapi sebelum membahas aset, ada yang perlu anda ketahui dulu.
Di teknik nomor 1 tadi saya membahas beberapa jenis backlink yang manfaatnya hampir tidak berguna lagi, dan yang sebaliknya.
Backlink terbaik didapatkan dari website lain… atas kemauan mereka sendiri.
Tapi apa yang membuat mereka mau memberikan backlink untuk anda?
Ada 2 alasan seseorang memberikan backlink:
- Anda punya konten unggulan yang luar biasa
- Anda punya aset dalam konten
Dari tadi saya bicara aset, apa sih aset itu?
Praktisi SEO internasional sering biasanya menyebutkan linkable assets, artinya aset yang bisa membuat website kita diberikan backlink.
Aset bisa berupa:
- PDF (ebook, checklist, workbook)
- Foto original yang menarik
- Grafik, tabel, dan visualisasi data lainnya
- Infografis
- Video, audio
- Badge
- Template
Mari bandingkan 2 artikel berikut.
Artikel A hanya berisi huruf dan kata tanpa aset.
Artikel B punya visualisasi data berupa grafik yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan untuk artikel-artikel milik orang lain.
Kira-kira mana yang akan mendapatkan backlink?
Yap.. artikel B.
Sekarang beberapa dari anda pasti berpikir, “susah amat sih mesti bikin aset?”. Jangan khawatir, membuat aset hanya memakan waktu dalam hitungan menit.
Grafik misalnya, bisa dibuat dengan mudah menggunakan Microsoft Excel atau Google Sheets.
Data yang anda butuhkan untuk grafik bisa didapatkan dari pencarian Google atau buat survey online sendiri menggunakan PollDaddy.
Yang lebih mudah lagi, PDF.
Copy semua teks dalam artikel terbaik di website anda, kemudian paste ke Google Docs. Lalu ikuti gambar berikut untuk download versi PDF-nya.
Terakhir, sajikan PDF ini di website anda.
Rahasia #6 – Dapatkan traffic dan link ekstra dari situs komunitas
SEO dulu dan sekarang berbeda.
Dulu prosesnya begini:
Kita membuat website > melakukan optimasi SEO > mendapatkan peringkat bagus > barulah mendapatkan banyak pengunjung.
Sedangkan sekarang:
Kita membuat website > membuat konten unggulan > melakukan sosialisasi ke situs komunitas > mendapatkan banyak pengunjung > barulah peringkat di Google bagus dan pengunjung makin banyak.
Jadi kita yang harus keluar untuk memperkenalkan diri ke komunitas.
Memang masih bisa membuat website yang sukses tanpa sosialisasi, tapi prosesnya akan jadi sangat lama.
Setahun, dua tahun, bahkan lebih.
Padahal sebuah website baru dalam satu bulan pun sekarang sudah bisa jadi populer.
“Tapi mas…”, kata sebagian dari pembaca, “…saya tiap hari sudah spam ke Twitter dan Facebook, kok belum juga rame ya?”.
…
Serius, beberapa orang pernah tanya pertanyaan tadi ke saya.
Dengan teknik apapun, yang namanya spam itu pasti akibatnya tidak bagus.
Kalau anda mengelola sebuah komunitas lalu ada yang setiap hari posting link-link yang tidak nyambung dengan topik utama, apa yang anda lakukan? Apa yang akan orang-orang lakukan?
Marah-marah, lalu delete.
Hal yang sama akan terjadi kepada anda juga.
Ini langkah-langkah yang benar:
Pertama, cari situs yang tepat.
Anda bisa mencari situs forum dari Google dengan kata kunci: “topik” + forum. Atau bisa juga cari grup di Facebook dengan topik tertentu.
Jangan buang waktu di situs yang tidak berhubungan.
Kedua, setiap kali ada yang mengajukan pertanyaan usahakan untuk menjawab secara lengkap dan ramah. Harus ramah.
Lakukan ini selama 3 hari sampai 1 minggu, sebagian besar anggota komunitas akan mengenal anda.
Setelah itu barulah anda boleh posting link menuju website anda. Tapi ingat, kontennya harus berkualitas dan berhubungan dengan topik komunitas.
Dengan pendekatan yang tepat, anda tidak akan dibenci lagi setiap kali menaruh link.
Rahasia #7 – Lakukan promosi silang dengan blogger lain yang topiknya mirip
Kalau anda sering aktif di Twitter dan Instagram pasti pernah dengar istilah follow for follow, retweet for retweet, like for like.
Promosi silang seperti ini memang sangat ampuh bagi pengguna social media untuk mendapatkan banyak follower dan like sekaligus.
Tapi kenapa tidak ada link for link bagi pemilik website?
Tunggu dulu, jangan salah sangka.
Dulu kita kenal istilah tukeran link yang marak di antara blogger, jadi blogger A akan memasang link blogger B di blognya apabila blogger B balik memasang link blogger A di blognya.
Biasanya di sidebar, atau di halaman khusus tempat menampung link.
Tapi tukeran link sudah dilarang oleh Google dan beresiko.
Promosi silang yang saya maksud di sini bukan tukeran link.
Tukeran link itu berbahaya, tapi promosi silang tidak berbahaya. Meskipun sama-sama dalam bentuk link.
Langkah-langkahnya sebagai berikut:
Temukan 1 atau 2 blogger lain yang memiliki blog dalam topik yang sama dengan anda. Sebaiknya progres blog anda dengan mereka tidak berbeda jauh.
Ajak mereka sebagai partner anda.
Buat 1 artikel baru atau edit artikel lama, tambahkan link menuju salah satu konten dari partner anda yang topiknya sama dengan artikel tersebut.
Perhatikan topiknya harus sama atau mirip.
Jangan pasang link ke artikel lain yang tidak ada hubungannya. Kuncinya, kalau pembaca jadi bingung dengan link anda, berarti salah.
Selanjutnya ajak partner anda melakukan hal yang sama tetapi di konten lain.
Dengan promosi silang ini, semua pihak akan diuntungkan.
Karena link yang anda pasang berhubungan dengan konten anda, maka anda sama sekali tidak akan mendapatkan masalah dari Google. Dan karena anda mendapatkan link dari konten yang berhubungan, maka secara SEO tentunya bagus.
Pembaca pun akan terbantu karena mendapatkan bacaan yang berhubungan.
Selain link, anda juga bisa melakukan promosi silang untuk akun jejaring sosial kalau memang anda dan partner sama-sama punya.
-----
Terimakasih untuk : mas Sugeng.
http://sugeng.id/7-teknik-seo-dalam-60-menit/