Pertama yang perlu dipikirkan sebelum membangun website adalah bagaimana cara mengenalkan website kita kepada orang lain. Selanjutnya bagaimana cara agar orang bisa mengetahui website kita tanpa memperkenalkan ?
Tentu saja dengan bantuan Search Engine (Mesin Pencari). Saat ini banyak sekali Search Engine, namun apakah website kita sudah masuk dalam databasenya ? Meskipun search engine pada umumnya melakukan crawl pada semua website/blog yang ada, namun untuk mengoptimalkan indeks, sebaiknya dilakukan pendaftaran/submit url blog/website. 

Pilihan pertama tentu bagi saya adalah Google. Google adalah search engine nomer satu, mengalahkan Search Engine lain yang sudah pernah saya gunakan bertahun-tahun. 
Banyak juga jasa SEO (Search Engine Organizer) yang secara gratis mau membantu mensubscribe website kita di berbagai Search Engine. Tapiii .... kita harus mau ditempeli dengan ratusan iklan dari mereka. Jadi "rungsep" gitu tampilan website kita kalau terlalu banyak iklan di dalamnya. 

Disini saya mencoba berbagi cara mendaftarkan url blog/website ke search engine Google sebagai proses mandiril untuk melakukan SEO (search engine optimisation), yaitu memaksimalkan hasil indeks Google terhadap url blog/website maupun setiap halamannya.

Berikut langkah-langkah untuk mendaftarkan blog/website ke Google Search Engine:

#1. Mendaftar sebagai keluarga Google.
Untuk mendapatkan akses penuh daftar dulu ke general account Google jika belum memilikinya.
Langkahnya sangat sederhana sampai anda berada dalam banyak fasilitas yang disediakan oleh Google. Contoh akun saya dengan semua fasilitas yang ada :





#2. Mendaftarkan url blog/website.

Masuklah ke alamat https://www.google.co.id/intl/id/add_url.html atau Klik  Google add url. Pada kolom URL masukkan engan memasukkan url blog, comment (deskripsi sederhana) jika diperlukan, dan masukkan kode captcha.


Sebelum mendaftarkan, perlu dicermati kalimat-kalimat yang terdapat pada halaman itu : "Kami menambah dan memperbaharui situs untuk index kami setiap kali kami menjaring, dan kami mengundang Anda untuk mengirimkan URL Anda di sini. Kami tidak menambahkan semua URL yang dikirimkan ke index kami, dan kami tidak bisa memperkirakan atau menjamin kapan atau apakah mereka akan muncul.
Mohon kirimkan URL lengkap Anda, termasuk awalan http://. Sebagai conoth: http://www.google.com/. Anda juga boleh menambahkan tanggapan atau kata kunci yang menerangkan isi dari halaman Anda. Ini digunakan hanya untuk informasi kami dan tidak mempengaruhi bagaimana halaman Anda di-index atau digunakan oleh Google.
Catatan:Hanya halaman tingkat-atas dari sebuah host yang dibutuhkan; Anda tidak perlu mengirimkan masing-masing halaman. Jaring kami, Googlebot, akan mampu menemukan sisanya. Penting: Google melakukan pembaharuan terhadap indexnya secara teratur, jadi pengiriman link baru atau lama tidakah dibutuhkan. Link mati akan hilang dari index kami pada penjaringan berikutnya ketika kami melakukan pembaharuan terhadap keseluruhan index."

#3. Klik Add url/Tambah URL.
Tulis Tanggapan seperlunya, maka anda akan dibawa ke halaman Console. Ketikkan lagi alamat URL sekali lagi. Sampai Google berkomentar "Your request has been received and will be processed shortly."



#4. Validasi Website.
Untuk mengetahui dan melakukan validasi, lanjutkan ke Google Webmaster Tools (Platform blogspot biasanya telah tervalidasi secara otomatis melalui HTML verification code yang sudah terpasang di template).


#5. Klik manage/pengaturan dan pilih add/remove owner.
#6. Kemudian dapatkan kode verifikasi dengan meng-klik "add an owner".
#7. Pilih kode verifikasi pada opsi meta tag.
#8. Copy code tersebut dan pasang di template HTML anda, tepatnya diantara <head> dan </head>. Agar lebih maksimal letakkan di bagian atas (dekat dengan <head>).
#9. Save. Tunggu beberapa waktu dan akan ada laporan di Webmaster Tools bahwa blog/website telah tervalidasi dan terverifikasi.




----------
Sumber :
https://www.google.co.id/intl/id/add_url.html
http://buka-rahasia.blogspot.co.id/2011/03/cara-membuat-sitemap-google-untuk-blog.html