Anda yang belum pernah ke Nusa Tenggara Timur (NTT) akan terbelalak melihat keaslian alam disana. Sebetulnya terdapat ratusan tempat wisata yang tersebar di kabupaten Alor, Belu, Ende, Flores Timur, Lembata, Malaka, Manggarai, Manggarai Barat, Manggarai Timur, Nagekeo, Ngada, Rote Ndao, Sabu Raijua, Sikka, Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, dan Kupang. Kalau mau disebutkan disini lumayan menyita waktu anda, jadi saya pilihkan 15 tempat yang terbaik menurut E-Snacks.Net.

#1. Pantai Lasiana
Pantai Lasiana
Pantai Lasiana


Pantai Lasiana adalah pantai berpasir putih dengan air yang tenang, nyiur yang melambai, dan naungan pohon lontar yang indah. Pantai Lasiana berada di Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima atau sekitar 12 Km arah timur Kota Kupang. Di sini, sambil menikmati air kelapa muda dan nira manis, jagung bakar yang harum, pisang bakar, dan es kelapa muda dengan manisan gula air asli juga menjadi santapan yang enak dinikmati.
Di Pantai Lasiana dapat dilaksanakan rekreasi pantai seperti mancing, renang, mandi, sepak bola, karaoke, dan lain-hiburan. Lasiana terletak pada jalur transpotasi utama Pulau Timor dan senantiasa dilayani oleh angkutan umum dengan intensitas tinggi, baik ojek maupun kendaraan sewaan. Di sini sudah ada Home Stay dan Restaurant yang dapat melayani kebutuhan wisatawan. Juga terdapat kolam renang untuk anak dan tempat membilas badan setelah mandi dan berenang di laut.. 
Pantai Lasiana adalah pantai unggulan di Kupang. Pantai ini mempunyai pasir putih dan hanparan batu karang yang ada di tepi pantai. Di sekeliling Pantai Lasiana terdapat pohon kelapa. Dapat dikatakan Pantai Laksana merupakan Brazilnya Indonesia. Pantai Lasiana sangat cocok bagi anda yang ingin berlibur menghabiskan waktu luang bersama keluarga.


#2. Rumah Adat Lepo Gete

Hasil gambar untuk pantai lepo gete

Lepo Gete Sikka, Kampung Sikka atau Sikka Natar terletak di pantai Selatan Kabupaten Sikka, di Kecamatan Lela, berjarak 27 Km dari kota Maumere . Sikka Natar ini kelihatan sederhana, namun sesungguhnya mengandung suatu perjalanan sejarah yang sangat berarti. Di kampung inilah terdapat sebuah rumah yang disebut Lepo Gete.
Lepo Gete ini menjadi istana kerajaan Sikka dan sekaligus pusat pemerintahan kerajaan Sikka dalam rentan waktu yang cukup lama terutama dalam masa penjajahan Portugis abad ke XVI dan Belanda abad ke XVII. Dengan demikian Lepo Gete pernah menjadi pusat kontak budaya antara penduduk lokal Sikka pada umumnya dan orang asing.








#3. Pulau Komodo
Pulau Komodo
Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. di Pulau Komodo ini dikenal sebagai habitat asli hewan komodo yang ada di daerah ini, danm merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Selain itu pulau ini merupakan kawasan Taman Nasional Komodo . Pulau Komodo berlokasi di sebelah barat Pulau Sumbawa, yang dipisahkan Selat Sape, Kec. Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini merupakan habitat asli binatang komodo, sejenis kadal raksasa pemakan daging. Di Pulau Komodo terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup di alam bebas. Anda bisa melihat komodo yang sedang mengincar mangsanya di banyak lokasi di tempat ini. Sangat penting untuk berkeliling bersama pemandu untuk alasan keselamatan selama berada di sini. Pulau Komodo di tetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1986.


#4. Pantai Timor Kupang

Pantai Timor merupakan salah satu pesona wisata pantai yang ada di Kota Kupang , Nusa Tenggara Timur. Pantai Timor sendiri berlokasi tak jauh dari Kampung Solor Kupang. Tak mahal untuk kita masuk dan menikmati suasana Pantai ynag alami dan indah ini. Karena cukup membayar Rp 1000 maka kita bisa menikmati keesksotisan lumut yang tumbuh di batu karang tersusun acak menambah kemisteriusan Pantai Timor. Tak kalah indah sunset di Pantai Timor. Di Pantai Timor terdapat warung dan tempat duduk jadi tidak usah khawatir karena menikmati keindahan pantai dengan nyaman.
Bagi pengunjung dari luar daerah maupun wisatawan lokal dan mancanegara itu tidak usah khawatir untuk memikirkan tempat penginapan selama berada di sana. Karena di dekat lokasi Pantai Timor NTT ini, terdapat penginapan- penginapan maupun hotel sesuai dengan yang anda inginkan.
Pantai Timor Lasiana
Ada juga hotel-hotel yang berlokas di dekat pesisir pesona wisata Pantai Timor ini, sehingga kita bisa menikmati pemandangan laut Timot NTT ini. Keberadaan warung- warung serta wisata kuliner di sekitar lokasi pantai membuat kenyamaan berlibur di Pantai Timor ini semakin memuaskan.

#5. Pantai Tablolong

Lokasi pantai  Tablolong agak jauh dari kota Kupang. Pantai Tablolong mempunyai keunikan tersendiri yaitu warna pasir pantainya yang berwarna merah jambu. Untuk biaya masuk, anda cukup membayar Rp. 5000 fanda sudah bisa menikmati indahnya suasana pantai dan pepohonan yang tumbuh di tas karang. Warna air di pantai ini juga unik, yaitu hijau dan biru.
Pantai yang terletak di Kecamatan Kupang Barat ini memiliki pasir putih yang indah dan berjarak kurang lebih 30 Km dari Kota Kupang. Di sekitar pantai terdapat perkampungan nelayan. Pantai ini merupakan salah satu basis arena bagi olahraga pancing baik berskala tradisonal maupun internasional di Kabupaten Kupang. Turnamen pancing sangat digemari dan dilaksanakan setiap tahun dengan peserta yang datang dari berbagai daerah. Di lokasi ini juga dibangun fasilitas-fasilitas pendukung seperti lopo-lopo, warung dan sarana permainan anak.
Hasil gambar untuk pantai tablolong kupang


#6. Pantai Neam
Pantai Neam lebih cocol dibilang dengan pantai tanpa nama, karena menemukan pantai yang satu ini cukup menguras jejak petualangan kita :D… Karena untuk menempuh pantai Neam membutuhkan perjuangan Traveller dan Bolang sejati. Kita harus melewati pedesaan yang pintunya dituutp, jalan yang berliku-liku dan waktu sekitar 3 jam dari Kupang serta melewati hutan belantara. Menjelajah pantai Neam meningkatkan adrenalin berpetualang kita.  Perjuangan ke Pantai Neam sangatlah worth it karena kita bisa melihat sebuah gua misterius, pulau dikelilingi Pepohonan yang mirip dengan Pulau Phi-Phi di Thailand serta pasirnya yang seperti Pasir Sahara namun vesi Pantai. Keeskotisan dan keunikan Pantai Neam Kupang terletak pada ombaknya ynag besar serta sunset yang menutupi gunung karang.

Pantai neam




#7. Pulau Kera

Pulau Kera, Kupang
Pulau Kera terletak di tengah laut luas dan dapat anda lihat dari tepi pantai Kupang. Anda harus menggunakan perahu nelayan untuk sampai di Pulau ini, dengan lama waktu perjalanan sekitar 1 jam.
Di  Pulau Kera terdapat pasir putih dengan campuran merah karang yang terpadu warna air laut yang biru sedikit kehijauan dan keunguan.




#8. Pulau Semau

Pulau Semau
Pulau Semau
Pulau Semau memiliki pantai yang berpasir putih dan suasana yang cukup mistis. Di Pulau Semau terdapat mata air yang berbentuk kolam dan dikelilingi oleh pepohonan. Anda bisa mandi atau sekedar berendam di kolam mata air ini untuk merasakan kesegaran airnya.


#9. Pantai Kolbano

Pantai Kolbano
Pantai Kolbano
Pantai Kolbano dipenuhi bebatuan. Yang paling menarik dari pantai ini adalah tidak ada pasir terhampar di pantai ini. Hanya ada bebatuan yang berwarna warni di sepanjang tepi pantai ini. Untuk menuju lokasi pantai, anda harus menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 4 jam dari Kupang lalu melewati Timor Selatan.


#10. Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu
Air Terjun Oenesu ternyata juga mempuyai objek wisata air terjun yang sangat cantik. Air terjun ini sangat unik karena memiliki batuan yang mirip singa dan mulut gorila. Suasana di lokasi air terjun sangat sejuk karena dipenuhi banyak pepohonan.


#11. Air Terjun Oehala

Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala
Air Terjun Oehala mempunyai bentuk yang unik seperti kasur. Banyak pepohonan di sekitar air terjun ini sehingga menimbulkan suasana yang sejuk. Air di sana sangat segar, pastinya anda tak mau ketinggalan menikmati keindahan air terjun ini dengan airnya yang sangatsegar.


#12. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu
Danau Kelimutu
Danau Lelimutu adalah danau kawah yang berlokasi di puncak Gunung Kelimutu (gunung berapi) yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Gunung ini berlokasi di Desa Pemo, Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau ini dikenal dengan Danau Tiga Warna karena mempunyai 3 warna yang berbeda, yakni merah, biru, dan putih.


#13. Pulau Kanawa


pulau-kanawa
Foto : Instagram @mariastrlita

Sebelum masuk ke kawasan ini, kamu mesti bisa bedain dulu antara Kenawa dan Kanawa ya, karena Kenawa terletak di Lombok. Terletak 15 kilometer dari Labuan Bajo dan memiliki luas sekitar 32 hektar. Pulau Kanawa memiliki pasir putih dengan perpaduan airnya sangat jernih sehingga kamu dapat melihat keindahan karang bawah lautnya. Selain itu jika kamu ingin menyelam, akan menemukan beberapa hewan laut yang menakjubkan seperti manta, hiu, paus dan hewan menakjubkan lainnya.

#14. Pulau Padar


pulau-padar
Foto : Instagram @raisarafina

Pulau Padar adalah pulau ketiga terbesar di kawasan Taman Nasional Komodo, setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Di sekitar pulau ini terdapat pula tiga atau empat pulau kecil. Pulau ini memiliki pesona yang sangat eksotis. Di sini banyak orang biasa melakukan foto slfie atau bisa juga hanya sekedar menikmati pemandangan alamnya yang sangat menkjubkan. Pokoknya kalau ke Flores, kamu harus banget ke tempat ini!

#15. Labuan Bajo


labuan-bajo
Foto : Instagram @biancarosaa

Labuan Bajo merupakan kota nelayan yang terletak di ujung barat Flores di wilayah Nusa Tenggara. Selain sebagai kota nelayan kecil, Labuan Bajo saat ini juga telah menjadi salah satu pusat pariwisata teramai di Flores. Kota ini adalah titik singgah bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Komodo. Yang sangat menarik dari Labuan Bajo adalah saat sunset mulai mengubah warna langit menjadi jingga. Pokoknya, sunset dari sini terbilang keren untuk kamu nikmati.


-----------
Sumber : 
http://tourism.nttprov.go.id
http://masdonie.blogspot.co.id/2014/11/12-tempat-wisata-yang-terkenal-di-nusa-tenggara-timur.html
https://www.kitamuda.id/travel/2016/10/18/wisata-nusa-tenggara-timur/
http://reyginawisataindonesia.blogspot.com/2016/10/daftar-lengkap-tempat-wisata-terbaru-di-nusa-tenggara-timur.html
http://www.amabeltravel.com/2016/03/24/10-tempat-wisata-di-nusa-tenggara-timur/
https://winnymarlina.com/2013/03/01/8-tempat-wisata-eksotis-di-kupang/

Gambar : Google.com