Bagi kalian  yang berhasil lolos seleksi melalui jalur Undangan seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) dimana proses seleksinya menggunakan nilai rapor dari semester 1 sampai 5. Kami ucapkan Selamat Selamat Congratulation, tentunya kebahagiaan dan rasa lega akan dirasakan oleh peserta seleksi. 
Tapi Buuaaanyaaak sekali peserta seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) yang belum berhasil menjadi panik dan bingung pascahasil seleksi diumumkan. Rasanya mau nangis, menyesali pilihan yang salah, menyesal nggak nurut sama orangtua atau guru, dan pikiran galau. Jangan-jangan tidak bisa kuliah, dan perasaan-perasaan nggak enak lainnya.

Hasil gambar untuk mengatasi kegagalan masuk ptnKaskus  


Kekecewaan dan rasa kurang percaya diri sulit dihindari. Terlebih bagi peserta seleksi yang sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti berbagai bimbingan belajar yang dipilihnya. Meskipun tidak sedikit yang menerima kegagalan itu sebagai sarana mawas diri, dan refleksi diri bahwa pada setiap akibat pasti karena ada penyebab. Mungkin pilihan jurusan yang kurang pas dengan tingkat kemampuan ataupun mungkin karena persiapan yang dilakukan belum optimal.

Banyak dampak yang timbul atau dirasakan. Sebagian dari yang gagal akan legawa atau ikhlas menerima hasil yang dicapai, tapi sebagian lagi ada yang sulit untuk menerima kenyataan, sehingga kesulitan untuk menentukan apa yang akan dilakukan langkah selanjutnya, meskipun proses seleksi masih ada kesempatan melalui jalur mandiri.

Para pendahulu kita selalu menasehatkan : “Banyak Jalan menuju Roma”(bukan Rhoma ya hehe). Salah satu ajang seleksi yang sudah atau akan segera digelar oleh beberapa PTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Bahkan ada beberapa PTN ikatan dinas yang akan membuka pendaftaran ataupun sudah mengumumkan hasil seleksinya.

Untuk meredam kekecewaan anda, cobalah melakukan langkah-langkah berikut :

Jangan lagi terlalu mengandalkan  dan tinggi harapan di jalur SNMPTN . 
Penyebab yang pertama yang bisa jadi paling fatal adalah karena lo sekarang ini lagi niat gak niat belajarnya karena sedikit banyak naro harapan buat dapetin kursi di PTN melalui jalur SNMPTN. Dari pengalaman gua di tahun lalu, ada buaaanyak banget siswa yang terlalu pede mentang-mentang nilai rapornya bagus dan bersekolah di SMA favorit, terus baru kaget setengah mati waktu lihat hasil pengumuman bahwa dia nggak masuk yang terpilih di jalur SNMPTN. Udah gitu, panik terus baru sadar kalo SBMPTN tinggal bentar lagi dengan kondisi belum siap tempur. Akhirnya, mereka yang ngandelin jalur SNMPTN gagal bersaing juga di SBMPTN dari temen-temennya yang nilai akademisnya selama ini biasa-biasa aja.
Nah, buat lo yang sekarang ini bener-bener berharap cuma mengandalkan di jalur SNMPTN doang sebagai satu-satunya peluang buat masuk PTN, gua saranin mending buang deh pikiran itu jauh-jauh. Serius deh, jangan sampe lo gagal buat kuliah di PTN Favorit lo hanya karena lo salah strategi kayak gini. Karena sebenernya nih, udah bukan saatnya lagi lo yang di kelas 12 mikirin buat dapet SNMPTN, kenapa? Karena seharusnya SNMPTN itu adalah hal yang lo pikirin dan perjuangkan dari kelas 10 dan 11. Jadi, buat lo yang udah di kelas 12, gua saranin banget mending lo anggep SNMPTN ini sebagai "Bonus" yang bisa jadi lo dapetin tapi bisa juga nggak ; dan akan jauh lebih aman kalo lo berasumsi nggak dapet SNMPTN dan prepare for the worst untuk ikut sama-sama nyiapin diri buat nempuh SBMPTN.

Fahami dan temukan battleground yang akan kamu hadapi kedepan.
Dalam waktu 6 bulan ke depan, tembus/nggaknya lo di SBMPTN mungkin bisa jadi adalah masalah terbesar dan (mungkin) yang paling berat yang harus lo hadepin dalam hidup lo - dan mungkin hal ini bahkan udah terus menghantui pikiran lo dari awal tahun ajaran.
Oke first of all, sebenernya stress itu bagus-bagus aja kalo lo jadiin stress itu pemicu supaya lo bisa menyelesaikan masalah lo, yang jadi masalah itu kalo sampe lo larut dalam stress tapi nggak mulai bertindak strategis buat menghadapinya. Nah sekarang, kunci dari nyelesain masalah apapun yang pertama adalah identifikasi dulu masalahnya. 
Rasa kecewa dan gelisah yang menghinggapi perasaan para peserta seleksi PTN yang gagal tentu tidaklah berlebihan dan merupakan hal yang wajar selama tidak berlarut-larut dan berkepanjangan. Meratapi kegagalan secara berlebihan tidak akan memberikan manfaat dan keuntungan apapun, melainkan akan berdampak pada munculnya permasalahan baru yang bisa jadi akan sangat menghambat dan mengganggu perjalanan meraih cita-cita selanjutnya.

Hasil gambar untuk tes sbmptnujiansma.com
Ketahui tingkat kesulitan soal SBMPTN dari awal.
Sekarang gua coba tanya deh.. sejauh mana sih lo udah explore dan mengenal masalah yang yang akan lo hadepin buat nembus SBMPTN. Sekarang, coba  jawab jujur empat pertanyaan gua ini ke diri lo sendiri aja :
1. Sejauh ini seberapa besar lo tau tentang tingkat kesulitan soal-soal SBMPTN?
2. Sejauh mana lo tau kondisi persaingan yang akan lo hadepin buat bisa tembus di PTN atau jurusan yang lo inginkan?
3. Sejauh mana lo tau seberapa banyak bahan/materi yang perlu lo pelajari sampe lo bener-bener siap tempur buat SBMPTN?
4. Seberapa banyak waktu yang tersisa dan sejauh mana rencana lo untuk mengisi waktu itu buat belajar?
Kalo ada di antara lo yang masih bingung buat ngejawab 4 pertanyaan gua di atas, berarti lo layak buat mulai khawatir karena lo sampe sekarang belum bener-bener tau kondisi battlefield yang akan lo hadepin. Oke, buat lo yang belum terlalu paham battlefield yang akan lo hadepin, gua bantu buat kupas satu per satu.

Kenali iklim dunia persaingan global yang mau kamu hadapi. 
Segeralah merapat ke teman-temanmu dan guru BK di sekolah untuk mencari informasi tentang dunia luar yang penuh persainyan.  Menyadari bahwa jalan menuju sukses sangat beragam dan luas, akan membantu mengatasi rasa kecewa pasca pengumuman kegagalan diterima. Jika masih mungkin, mengikuti tes pada jalur mandiri masih terbuka meskipun frekuensinya relatif lebih kecil dan persaingan yang semakin ketat.

Memulai mencari informasi tentang perguruan tinggi swasta yang berakreditasi minimal baik dengan jurusan sesuai yang diinginkan dapat menjadi alternatif lain yang cukup jitu. Yakin bahwa kunci sukses bukan ditentukan oleh tempat belajar melainkan oleh kesungguhan dan kerja keras dari masing-masing pribadi akan menjadi modal awal dan kekuatan dalam menjalani perjalanan studi pascakegagalan pada seleksi PTN, dan siap menekuni pendidikan di perguruan tinggi swasta yang menjadi pilihannya.

Alternatif lain, jika karena berbagai pertimbangan melanjutkan di perguruan tinggi swasta tak mungkin dilakukan dan masih tersirat keinginan di tahun depan akan mengikuti seleksi lagi, maka mengisi waktu dengan kursus kebahasaan atau mengikuti kegiatan bimbingan belajar yang relevan merupakan pilihan yang cukup cerdas.

Untuk lulusan SMK tentu tak akan menjadi masalah berarti, karena sudah memiliki keterampilan sesuai jurusan masing-masing, sehingga kekosongan waktu dapat diisi dengan bekerja atupun memperdalam keterampilan yang ada dengan kursus ataupun mengikuti kegiatan pelatihan, baik yang diserenggarakan oleh Balai Latihan Kerja maupun oleh perusahaan perekrut tenaga kerja.

Cari dan explore sebanyak mungkin bahan materi yang perlu kamu  pelajari. 
Teman dan gurumu masih ada kan? Kalau kurang puas, internet menyediakan jutaan bahan materi. Kalau ragu belajar sendiri, tentunya harus mencari teman yang bisa mendampingi. 
Tahu kan kalau ingkat kesulitan soal SBMPTN itu cenderung jauh lebih sulit daripada apa yang akan lo hadepin di Ujian Nasional.
Kok bisa lebih sulit? Sebelum ngejawab pertanyaan itu, lo harus paham dulu kalo UN dan SBMPTN adalah 2 ujian yang sangat berbeda. UN adalah ujian yang bersifat evaluasi, yang tujuannya adalah mengevaluasi sejauh mana lo menguasai materi pelajaran SMA sehingga layak lulus dari jenjang pendidikan SMA. Sedangkan SBMPTN adalah ujian seleksi, yang tugasnya adalah menyeleksi calon mahasiswa mana yang layak buat berkuliah di perguruan tinggi tersebut.
Nah dari sini, jelas banget kalo universitas berkepentingan untuk menyaring calon mahasiswa dari sekian puluh ribu peminat menjadi hanya beberapa ratus orang yang diterima di jurusan universitas yang bersangkutan.
So, buat lo yang mungkin masih bingung ngebagi waktu belajar buat UN sama belajar buat SBMPTN, gua saranin banget lo sekarang fokus aja buat SBMPTN deh. Lha terus UN-nya gimana? Nih yah, kalo lo udah bener-bener persiapin diri dengan mateng mulai dari awal buat latihan soal dengan kualitas soal SBMPTN, gua berani jamin otomatis lo udah jauh lebih siap buat ngerjain soal UN.

Hasil gambar untuk tes sbmptnBlog Ruangguru

Pandai-pandailah Mengatur Waktu yang Terbatas.
sadari seberapa banyak waktu yang tersisa dan coba mulai buat time-management sehingga materi yang lo perlu pelajari itu bisa sempet lo pelajarin semua dengan waktu yang tersisa.  Pendampingan dari orangtua, sahabat, pacar ataupun sanak kerabat untuk membangkitkan motivasi dan semangat akan sangat membantu para peserta seleksi PTN yang mengalami kegagalan. Dialog dan komunikasi yang intensif dari orang-orang terdekat tentang berbagai informasi dan alternatif yang dapat dilakukan menjadi hal yang sangat berarti, terutama bagi yang tidak siap gagal. Seseorang yang tidak siap mengalami kegagalan akan sangat rentan untuk berpikir fokus dan jernih, sehingga tak ayal lagi akan mengambil keputusan yang bisa jadi kurang tepat untuk masa depanya.

Menjadikan sebuah kegagalan sebagai sebuah keberhasilan yang tertunda serta kesadaran bahwa pengalaman adalah guru yang terbaik, akan menjadikan seseorang yang mengalami kegagalan memiliki pribadi yang matang, mantap dan kuat. Sisi psitif ini harus senantiasa dijadiakn prinsip bagi siapapun yang menginginkan hari esok lebih baik dari hari ini khususnya bagi para peserta seleksi PTN yang belum berhasil. Tak selamanya kegagalan adalah penghambat kesuksesan, melainkan awal dari perjalanan menuju sukses yang tertunda.

Berdoa Berdoa Berdoa.
Semua usaha sudah dilakukan, terakhir pasrahkan kepada Tuhan. Kekuatan Doa tak bisa dipungkiri.  Dengan berdoa sangat lah banyak sekali manfaat dan kelebihanya karena Berdoa merupakan salah satu Ibadah yang telah diperintahkan kepada kita. Anda yang Muslim tak akan lupa dengan firmanNya yg berbunyi ” Berdoalah kpd ku niscaya akan kuperkenankan bagimu dan sesungguhnya orang2 yg menyombongkan diri dari menyembahku (Alloh) maka akan aku masukkan kedlm Neraka Jahannam dlm keadaan yg hina dina (QS. Al Mu’min).

Sebagai seseorang yang sedang membutuhkan keberhasil masuk PTN, wajib untuk memohon dan berdoa  dlm keadaan apapun termasuk dlm membaca Doa Agar Dimudahkan Ujian SNMPTN karena hal tersebut merupakan itikad baik agar anda bisa melanjutkan belajar ke Universitas Negeri yg anda inginkan karena anda juga harus ingat bahwa belajar jg merupakan salah satu ibadah. Adapun untuk Bacaan Doa Menghadapi Ujian SNMPTN dan amalan Dzikir agar lulus ujian Snmptn silakan menyesuaikan dengan agama dan ilmu masing-masing.
Bacaan Doa Dimudahkan Ujian SNMPTN bisa anda baca dan bisa diamalkan pula diberbagai kesempatan baik sebelum berangkat ke tempat ujian maupun sebelum mengerjakan ujian SNMPTN ini. Namun jika Doa Dimudahkan Mengerjakan Soal Ujian SNMPTN tersebut susah untuk dihafalkan, maka anda bisa membaca Doa Ujian SNMPTN dg Bahasa Indonesia dan Bahasa Daerah ataupun Bahasa apa saja. 

Hasil gambar untuk siswa berdoaOkezone News


Kemudian anda harus ingat bahwa Bacaan Doa Supaya Lulus Ujian SNMPTN ini juga harus dibarangi dg Usaha secara nyata karena jika tidak maka akan percuma dan untuk Cara Agar Lulus Ujian SNMPTN yg bisa kami berikan antara lain.
Anda harus menganalisa mana soal – soal yg kirannya akan keluar di Ujian SNMPTN dg membuka soal – soal Ujian SNMPTN tahun lalu, kemudian anda harus belajar dg sungguh – sungguh sebagai persiapan anda dlm menghadapi Ujian snmptn tersebut. Tak lupa pula anda harus meminta restu dan Doa dari orang tua kalian, setelah itu baru Berdoa meminta kepada Allah agar dimudahkan mengerjakan Ujian SNMPTN tersebut. Insya Alloh jika anda melakukan perpaduan antara Iktiar secara nyata dg berdoa maka anda akan mendapatkan hasil yg memuaskan. Sukses untuk Kalian ....



Sumber :
https://tirto.id/gagal-masuk-ptn-jangan-panik-bmnc
https://www.zenius.net/blog/2632/penyebab-gagal-masuk-tembus-sbmptn-universitas.
http://rukun-islam.com/doa-agar-lulus-ujian-snmptn/
Gambar-Gambar : Google.com