Dalam dunia daur ulang kita mengenal istilah recycle, upcycle dan downcycle. Kenapa recycle ada banyak? Setahu saya konsep daur ulang hanya 3R: Reduce, Reuse dan recycle. Yap, itu benar. Tapi untuk lebih menambah pengetahuanmu mari kita belajar lebih lanjut tentang recycle bentuk yang lain. Memanfaatkan barang bekas menjadi kerajinan tangan adalah aktivitas yang sangat menyenangkan, selian itu kerajinan tangan yang kita buat pun bisa menghasilkan uang. Pada umumnya kita sering kali mengabaikan barang bekas yang ada di sekitar kita, namun jika dikelola dengan baik bisa menghasilkan barang yang berguna serta memiliki nilai ekonomis. Selama ini kita hanya membuat dan membuang sampah saja, tanpa berfikir bahwa sampah tersebut bisa dibuat prakarya yang berguna.
Secara definisi, ketiganya dapat dijabarkan sebagai:
  1. Recycle = Mendaur ulang barang bekas
  2. Upcycle = Mendaur ulang barang bekas yang bernilai rendah menjadi lebih berharga. Sebagai contoh mendaur ulang ban bekas menjadi dompet, mendaur ulang botol plastik menjadi chandelier, dll
  3. Downcycle =Mendaur ulang barang bekas yang bernilai tinggi menjadi barang yang bernilai lebih rendah. Sebagai contoh kita punya baju bekas, kemudian kita jadikan kain pel.
  4. Sekarang ini di masyarakat upcycle lebih disukai dari pada downcycle.
Terdapat 1001 Cara (bombastisnya begitu) untuk bisa mengolah barang bekas menjadi sesuatu yang bisa dijual dan menghasilkan uang. Beberapa akan ditulis di blog ini sedikit demi sedikit secara bersambung.

Upcycle TV Bekas Menjadi Akuarium 
diperoleh dari http://www.penggagas.com/25-ide-upcycle-barang-bekas-yang-belum-kamu-tahu/

Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Cantik dan Unik
diperoleh dari : http://www.bisnisborneo.com/2016/04/100-kreatifitas-dari-barang-bekas-dan.html
Botol plastik bekas merupakan limbah yang sering kali kita abaikan. Contohnya setelah minum air mineral, kita begitu saja membuanya di tong sampah atau bahkan yang lebih parahnya sembarangan. Jika kita berfikir kreatif mungkin yang tadinya sampah bisa kita sulap menjadi hasil kerajian tangan yang cantik, unik dan memiliki nilai ekonomis. Kerajinan tangan dari botol bekas juga dapat Anda gunakan sebagai ornamental ruangan kamar atau ruang tamu. Berikut adalah contohnya!


Kerajinan Tangan Dari Botol Kaca Bekas Sebagai Lampu Tidur