Hari-hari ini lagi mencari solusi. Emulator yang biasa saya gunakan di App Invertor sedikit ngadat. Tanya sana sini, ternyata masih bisa menemukan beberapa emulator yang menurut saya terbaik. Bagi yang belum tahu, apa sih gunanya Emulator Android? Dengan emulator Android, kamu bisa melakukan banyak hal dibandingkan jika langsung menggunakan smartphone. Misalnya saja bermain game Android dengan menggunakan mouse dan keyboard.
TErnyata banyak loh emulator Android yang dapat kamu unduh secara gratis. Memiliki kelebihan dan keunggulan masing-masing, kamu pun bisa memilih satu di antaranya. 

1. Android Studio

Android Studio
Android Studio sangat disarankan untuk kamu para developer. Mendapatkan lisensi langsung dari Google, emulator ini sangat disarankan untuk menguji sebuah aplikasi dan game. Android Studio bukanlah pilihan terbaik buat kamu yang menggunakannya untuk sosial media atau game saja.

2. Bluestacks

BlueStacks
Bluestacks sudah jadi emulator Android PC terbaik yang umum digunakan. Untuk menggunakan Bluestacks secara lancar, setidaknya kamu butuh spesifikasi PC dengan RAM minimal 2GB. Bahkan Bluestacks 2 terbaru memiliki performa lebih cepat, stabil, dan dilengkapi beberapa fitur seperti pengaturan lokasi.

3. MEmu

MEmu
MEmu adalah salah satu emulator Android yang sudah mendukung berbagai versi Android, mulai dari Jelly BeanKit Kat, dan Lollipop. Salah satu fitur besarnya adalah dukungan pada chipset Intel maupun AMD. Untuk penggunaan normal, MEmu sangat lancar dalam menjalankan kebanyakan aplikasi dan game.

4. Nox

Nox
Nox yang merupakan salah satu emulator terbaik ini menawarkan fitur yang segudang, terutama fitur yang cukup membantu dalam bermain game Android di PC. Nox bisa bermain game dengan menggunakan keyboard dan mouse, bahkan joystick jika kamu memilikinya.

5. Windroy

Windroy
Sebagai salah satu emulator Android yang paling tua, Windroy punya tampilan yang cukup sederhana. Windroy dapat diunduh secara gratis dengan proses install cukup mudah. Windroy sangat cocok digunakan buat kamu yang punya spesifikasi PC terbatas.

6. Xamarin

Xamarin
Xamarin punya fungsi yang hampir sama dengan Android Studio. Emulator Android ini memang sangat direkomendasikan untuk para developer, baik untuk personal maupun skala perusahaan. Perbedaannya, Xamarin dapat digunakan untuk aplikasi lain seperti Microsoft Visual Studio.

7. Droid4X

Droid4X
Droid4X punya keunggulan dan kekurangan tersendiri. Emulator ini menawarkan tampilan yang sederhana dan bisa digunakan untuk bermain game. Selain Windows, Droid4X juga mendukung Mac. Sayangnya masih terdapat banyak bug pada Droid4X dibanding emulator Android lainnya.

8. LeapDroid

LeapDroid
LeapDroid adalah salah satu emulator yang sempat diakuisisi oleh Google. Emulator ini membawa Android 4.4 KitKat dengan dukungan keyboard mapping untuk bermain game. Saat pertama melakukan instalasi, kamu pun akan mendapatkan opsi mendownload game populer seperti Clash of Clans dan Pokemon GO loh.

Oke ... pada tulisan berikutnya saya akan bahas tutorial untuk masing-masing emulator ....