Osteoarthritis Lutut
Osteoarthritis (OA) merupakan penyakit tulang rawan sendi yang berhubungan dengan perubahan sekunder pada tulang yang dapat menyebabkan rasa sakit dan gangguan fungsi sendi yang terkena. OA adalah hasil dari penuaan dan umumnya keausan.
Latihan untuk pasien OA lutut ini penting untuk menjaga berbagai macam gerakan pada lutut, meningkatkan kekuatan dan melestarikan fungsi sendi. Berhati-hatilah untuk tidak over-latihan karena hal ini dapat menyebabkan peningkatan rasa sakit. Latihan rehabilitasi atau pemulihan yang terkendali telah terbukti untuk meningkatkan kekuatan otot tungkai dan mengurangi kecacatan tanpa meningkatkan nyeri pada pasien dengan OA lutut.
Yang harus diperhatikan selama rehabilitasi :
1.  Program latihan
Program latihan ini memiliki latihan khusus untuk membantu menjaga kisaran gerak sendi, dan memperkuat otot-otot sekitar lutut Anda. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut maka penting untuk memastikan latihan yang dilakukan dengan teknik yang baik.
2. Lakukan warm up dan warm down
Adalah penting bahwa Anda melakukan pemanasan jika mungkin dengan berjalan bebas selama 3-4 menit sebelum Anda memulai latihan Anda. Hal ini meningkatkan sirkulasi dan membantu mempersiapkan otot untuk kegiatan yang akan datang. Ketika Anda selesai latihan adalah juga penting untuk memperlambat detak jantung secara bertahap dengan mengakhiri sesi dengan berjalan pelan selama beberapa menit.
3. Pedoman umum
Selama serangan akut, istirahat akan membantu mengurangi peradangan tetapi Anda mungkin juga untuk mengalami peningkatan kekakuan dan penurunan kekuatan otot. Ketika mencoba latihan berikut seharusnya tidak ada rasa sakit tetapi relevan dengan pekerjaan otot sekeras mungkin. Jika latihan menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan maka Anda harus memungkinkan periode waktu, mungkin dua hari, untuk proses iritasi selesai. Jadi semua latihan harus dilakukan dengan lembut, perlahan-lahan dan idealnya sedikit namun sering.
Latihan untuk Rehabilitasi OA lutut
A. Latihan tahap awal
1. Quadriceps stretch
Quadriceps stretch
Berbaringlah di lantai (atau tidur jika lantai sulit) dengan lutut lurus, perlahan-lahan menekuk lutut yang terkena sejauh mungkin (menggerakkan pergelangan kaki sedekat mungkin kearah pantat). Ketika sudah terasa regangan di otot paha, tahan posisi selama 10 detik kemudian kembali luruskan lutut dan tahan lagi untuk 10 detik. Ulangi 10 kali.
2. Quadriceps tense
Quadriceps tense
Tetap berbaring dengan posisi kaki lurus dan digulung handuk di bawah lutut. Mengencangkan otot paha depan (quadriceps) dengan mendorong atau menggerakkan   lutut ke handuk. Tahan 10 detik dan kemudian lepaskan selama 20 detik. Ulangi proses ini 10 kali.
3. Hamstring stretch
. Hamstring stretch
(Paha belakang tegang adalah umum pada kondisi OA) –
Berdiri tegak dan menempatkan kaki yang terkena diatas bangku atau kursi. Coba tidak mendorong di  lutut dengan tangan, tetapi perlahan-lahan bersandar(mencondongkan badan)  ke depan sampai Anda merasakan regangan di belakang paha. Tahan peregangan selama 20 detik. Ulangi 5 kali.
4. Inside thigh muscles and gluteal muscles tense
Inside thigh muscles and gluteal muscles tense
Duduk di kursi, menempatkan handuk atau bola antara paha, kemudian mengencangkan pantat dan kedua paha menekan bola bersama-sama. Tahan selama 10 detik. Ulangi 5 kali.
B. Latihan tahap kedua
1. Straight leg raise (SLR)
Straight leg raise (SLR)
Berbaring telentang, badan disangga dengan kedua lengan dan posisi  lutut yang terkena kaki diluruskan dan kaki satunya ditekuk (menekuk lutut kaki terpengaruh untuk keseimbangan). Angkat kaki yang lurus sekitar 4-6 inci dari tanah dan tahan selama 10 detik.Ulangi 10 kali.
2. Quadriceps strengthening
Quadriceps strengthening
Posisi duduk di kursi dengan lengan dilipat, perlahan-lahan berdiri tanpa menggunakan  lengan. Ketika tegak, kembali kembali perlahan-lahan ke posisi duduk lagi tanpa menggunakan lengan. Ulangi 10 kali.
3. Quadriceps strengthening- step down
Quadriceps strengthening- step down
Tempatkan kaki yang terkena pada shallow step sekitar 3 inci tingginya. Turun dengan kaki yang tidak sakit (secara pelan), mengambil 3-4 detik untuk menyelesaikan langkah. Ulangi 7 kali. Anda dapat berpegang pada bannister  (pegangan tangga) sebagai dukungan.
4.  Quadriceps strengthening – minisquats
Quadriceps strengthening - minisquats
Posisi badan berdiri tegak dengan menggunakan kursi didepan tubuh sebagai pegangan, kemudian jongkok dengan  menekuk kedua lutut tapi punggung tetap lurus. Squat harus menjadi sekitar 45 derajat. Kemudian kembali keposisi semula. Ulangi 10 kali
C. Latihan tambahan
Berenang dan bersepeda mungkin cocok untuk individu tertentu sebagai mobilitas, kekuatan dan kapasitas aerobik dapat ditingkatkan tanpa terlalu banyak beban pada sendi.

Daftar Pustaka