Kreativitas dan inovasi menjadi salah satu penentu keberhasilan mendidik siswa di sekolah. Terlebih pada anak yang masih usia elementer, PAUD, TK dan SD. Salah satu ditunjukkan oleh SD Robert W. Coleman di West Baltimore Maryland Amerika Serikat.  Pada pagi hari, Sekolah Dasar itu sebetulnya sama ramainya dengan sekolah lainnya. Tapi setelah bus tiba dan anak-anak masuk, obrolan kelas biasa berhenti total.

Selidik punya selidik, seperti dilaporkan oleh koresponden CBS News Tony Dokoupil (www.cbsnews.com) , . para siswa di sekolah itu diajarkan untuk mencari kedamaian batin mereka. Setiap hari dimulai dengan apa yang disebut sekolah sebagai “mindful moment”, kegiatan kolaborasi antara yoga dan meditasi selamama 15 menit.

Dalam website www.cbsnews.com itu juga disebutkan bahwa dalam dua kali sehari, lebih dari 300 siswa ambil bagian dalam program "Mindful Moments". Mereka belajar bernapas, meregangkan dan menghalangi gangguan. Kepala sekolah Carillian Thompson mengatakan bahwa ini telah membuat perubahan besar bagi siswa-siswanya.  "Guru-guru benar-benar mengajarkan kepada siswa bagaimana mengalihkan energi negatif itu ke sesuatu yang positif," kata Thompson.


Ketika siswa berkelahi atau berperilaku tidak baik di Coleman, mereka tidak dikirim ke kantor kepala sekolah. Sebagai gantinya, mereka dikirim ke ruang "Mindful Me", , sebuah ruang yang menenangkan dengan bantal dan beanbag yang nyaman, diterangi oleh pink menyala., di mana mereka diajarkan untuk menyelesaikan konflik secara damai dan saling mengajarkan apa yang telah mereka pelajari.

Kutipan dialog ini menceritakan bagaimana para siswa mengajarkan Dokoupil bagaimana caranya bermeditasi.

"Baiklah, bagaimana saya melakukannya?" Tanya Dokoupil.

"Duduklah tegak," satu murid, Yosua, menjelaskan. "Bernapaslah lewat hidungmu."

Mahasiswa lain bergabung.

"Sierra, bagaimana perasaanmu?"

"Ketika saya bernapas, semua hal yang telah terjadi, saya meneruskannya - semua masalah, saya menyampaikannya dan khawatir tentang ... yang lebih penting," kata Sierra.

Program ini adalah visi Ali dan Atman Smith, yang tumbuh di dekat salah satu lingkungan Baltimore yang paling tidak stabil.

"Ada kekerasan yang terjadi di lingkungan sekitar, ada penyalahgunaan obat-obatan terlarang di lingkungan sekitar, jadi hanya saja, semua ini hanya dicampakkan pada anak-anak ini dan mereka memerlukan cara untuk mengatasi hal itu," kata Ali Smith, salah satu pendiri dari Holistic Life Foundation.Banyak anak menyaksikan kerusuhan yang meletus di kota mereka pada tahun 2015. 

Saudara-saudara mengatakan misinya sekarang juga merupakan masalah aktivisme pribadi."Kami mengajar anak-anak di usia muda untuk mencoba benar-benar membuat perubahan dalam komunitas kita sejauh bagaimana konflik diselesaikan," kata Atman Smith. "Karena jika mereka tentang masa lalu, itu membawa kemarahan atau jika mereka khawatir tentang masa depan, itu menyebabkan kegelisahan. Dan teknik semacam ini membuat Anda fokus pada saat ini, yang memang benar-benar ada. " 




Dalam website www.Oprah.com saya juga menemukan informasi tentang sekolah ini.Ini adalah bagian dari program Mindful Moment yang dijalankan oleh Holistic Life Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang dimulai pada tahun 2001 oleh saudara laki-laki Atman dan Ali Smith, yang tumbuh di lingkungan sekitar, dan teman mereka Andres Gonzalez. 


Para meditator lama, mereka ingin memberi anak-anak alat yang lebih baik untuk mengatasi stres dan kemarahan di lingkungan berpenghasilan rendah dan berisiko tinggi ini, yang berada di pusat kerusuhan yang mengikuti kematian Freddie Gray di tahanan polisi. Mereka memulai dengan mengajarkan mindfulness terlebih dahulu di sekolah dasar lain, lalu di YMCA setempat. 

Sekarang, berkat usaha mereka,  hari sekolah di Coleman dimulai dengan latihan pernapasan di atas sistem PA dan diakhiri dengan program setelah sekolah dimana, selain olahraga dan les, siswa dapat belajar yoga.Sepanjang hari, staf membimbing siswa melalui pernapasan dan latihan keterpusatan lainnya di ruang Mindful Moment. Dan ini berhasil terlihat hasilnya sejak tahun 2013-2014. 

Laporan dari www.cbsnews.comwww.cbsnews.com dan  www.oprah.comwww.oprah.com diatas setidaknya menjadi inspirasi pribadi saya. Biasanya 15 menit pertama saya mengajak siswa saya untuk senam pagi, peregangan dan dilanjutkan dengan literasi membaca buku non pelajaran. Kelihatannya boleh juga sebagai variasi kegiatan, apalagi kalau pagi suasanya masih lumayan hening. Tapi saya harus banyak mencari informasi ilmu meditasi yang cocok untuk siswa SMA.
Gimana? Ada yang mau ngajarin saya ??   



Berita Aslinya inii: http://www.oprah.com/inspiration/baltimore-city-elementary-meditation-with-kids#ixzz4yCqK4ApO