Berikut ini Dasar-Dasar penggunaan Google SketchUp 2013 yang bisa anda gunakan sebagai media pembelajaran Dimensi Tiga dalam mata pelajaran matematika.

A.   Mengenal Sketchup 2013
Sketchup adalah program aplikasi 3D (tiga dimensi) yang banyak digunakan untuk membantu pembuatan atau perencanaan suatu bangunan. Salah satu kelebihan dari program ini adalah interface Google Sketchup ini dibuat secara simple sehingga mudah digunakan.
Disini kita akan bersinggungan dengan metode pembuatan perencanaan suatu bangunan yang hingga saat ini sangat bermanfaat bagi para arsitektur.
Untuk menginstall program ini, anda dapat mendownload melalui link berikut :


B.   Lembar Kerja Google Sketchup 2013


Sebelum mulai memasuki pembahasan Google Sketchup, ada baiknya kita mengenal lebih dahulu bagaimana tampilan Sketcup itu, beserta beberapa istilah-istilah umum yang akan digunakan dalam membuat grafis. Beberapa istilah umum yang diberikan pada gambar di bawah ini akan banyak digunakan dalam pembahasan selanjutnya, sehingga akan lebih baik bila kita melafalkannya dengan baik.
Unsur-unsur utama layar Google Sketchup 2013

  • Title Bar, menampilkan judul program dan dokumen aktif atau nama file dari lembar kerja yang aktif.
  •  Menu Bar, adalah sederetan menu-menu yang terdapat dalam Google Sketchup.
  •  Toolbar, merupakan sederetan tool-tool (gambar) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoprasian program.
  • Drawing Area, adalah area kosong yang berfungsi untuk area menggambar. 
  • Status Bar, digunakan untuk memuat informasi mengenai tool yang sedang digunakan atau sedang aktif.
        Copy  adalah perintah yang digunakan untuk menggandakan obyek.
C.   Perintah Dalam Google Sketchup 2013
  Line merupakan icon yang digunakan untuk membuat garis lurus yang menghubungkan 2 buah titik.
Cara membuat garis:
1.     Klik icon line  pada layar (atau tekan “L” pada keyboard)
2.     Klik pada layar sebagai titik pertama
3.     Ketik panjang garis sesuai sumbu yang diinginkan.
4.     Tekan enter pada keyboard.
   Rectangle adalah perintah yang digunakan untuk membuat obyek persegi empat dengan ukuran yang dikehendaki.
Cara:
1.     Ketik “R” pada keyboard.
2.     Pilih dan klik titik awal pada layar.
3.     Ketik (ukuran horizontal),(ukuran vertical) enter. Masalnya 30,50 Enter.
4.     Tekan spasi untuk menyelesaikan perintah.
  
·        Arc  adalah perintah yang digunakan untuk membuat obyek lengkung.
Cara:
1.     Ketik “A” pada keyboard.
2.     Pilih titik pertama, kedua dan ketiga pada layar.
    Circle  adalah perintah yang digunakan untuk membuat obyek lingkaran dengan  radius  (Jari-jari) yang direncanakan.
Cara:
1.     Ketik “C” pada keyboard.
2.     Klik tempat lingkaran.
3.     Ketik radius yang diinginkan. Enter
     Text  adalah perintah yang digunakan untuk membuat tulisan pada Google Skethup.
Cara:
1.     Tekan tombol icon text pada layar Google Skethup.
2.     Ketik Text yang diinginkan.
3.     Klik Place
4.     Klik tempat text yang kita inginkan.
·        Erase adalah perintah yang digunakan untuk menghapus Obyek.
Cara:
1.     Ketik “E” pada keyboard.
2.     Pilih Obyek yang akan dihapus.
      
Move  adalah perintah yang digunakan untuk memindahkan obyek. 
Cara:
1.     Pilih Obyek yang dipindahkan.
2.     Ketik “M” pada keyboard.
3.     Klik pada titik acuan pertama.
4.     Klik pada titik acuan kedua(ukuran).
 
·    Mirror  adalah perintah yang digunakan untuk mencerminkan suatu obyek dengan sumbu tertentu.

Cara:
1.     Pilih obyek yang akan dicerminkan.
2.     Klik kanan pada obyek
3.     Pilih flip along, dan pilih sumbu yang kita inginkan.
·       
Offset  adalah perintah yang digunakan untuk membuat garis atau kurve parallel yang sejajar pada obyek dengan jarak tertentu dan arah tegak lurus. 
Cara:
1.     Ketik “F” pada keyboard.
2.     Tentukan sisi obyek dan arah Offset (kedalam atau keluar).
3.     Ketik jarak yang dikehendaki, Enter.
· 
Cara:
1.     Pilih Obyek yang digandakan .
2.     Ketik “M” pada keyboard.
3.     Klik pada titik acuan pertama.
4.     Tekan Ctrl pada keyboard
5.     Klik pada titik acuan kedua(ukuran) Enter.
·        Rotate  adalah perintah yang digunakan untuk memutar obyek dengan sumbu dan sudut yang dapat kita tentukan.
Cara:
1.     Pilih Obyek yang diputar.
2.     Ketik “Q” pada keyboard.
3.     Klik pada titik sumbu.
4.     Ketik sudut, Enter.
·     Skala  adalah perintah yang digunakan untuk memperbesar atau memperkecil    obyek.
Cara:
1.     Pilih Obyek yang di skala.
2.     Ketik “S” pada keyboard.
3.     Klik dan geret titik skala sesuai keinginan (atau ketik skala yang kita inginkan, misalnya 2 untuk pembesaran obyek 2x)


untuk contoh-contoh bangun dimensi tiga dapat didownload di :

Nah, itulah beberapa tool yang sering kita gunakan dalam google sketchup. Semoga bermanfaat!!!!  Maju Bersama Hebat Semua !!!