Pendidikan abad ini telah merambah segala aspek kehidupan yang berlandaskan ilmu pengetahuan dan teknologi.  Semua bangsa dituntut mencetak sumber daya manusia yang mampu menguasai berbagai bentuk keterampilan Abad 21, antra lain keterampilan berpikir kritis (critical thinking), berkreatif (creativity), bekerjasama (collaboration) dan berkomunikasi (communication).

Kegiatan pembelajaran di sekolah saat ini menekankan pada keterampilan proses dan active learning, maka media pembelajaran menjadi semakin penting perannya. Bahan ajar perlu disesuaikan dengan kondisi peserta didik dan strategi pembelajaran yang digunakan guru. Berhasilnya suatu tujuan pendidikan bergantung pada bagaimana proses belajar mengajar yang dialami oleh peserta didik. Seorang guru disamping dituntut untuk teliti dalam memilih dan menerapkan metode mengajar yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, juga dituntut untuk mampu memilih media yang sesuai dengan materi untuk mempermudah menyampaikan materi.


Salah satu media yang dapat dikembangkan adalah modul pembelajaran interaktif berupa elektronik modul (e-Modul). E-modul dapat memfasilitasi peserta didik dalam belajar mandiri maupun konvensional. Pemanfaatan dan pemberdayaan e-modul untuk menunjang pembelajaran merupakan suatu keniscayaan, bukan hanya untuk meningkatkan efektifitas dan kualitas pembelajaran, tetapi yang lebih penting adalah untuk meningkatkan penguasaan materi baik guru maupun peserta didik.

E-Modul melalui multimedia dapat membuat proses pembelajaran lebih menarik dan lebih interaktif, mampu menyampaikan pesan historis melalui gambar dan video, menambah semangat belajar peserta didik melalui instrumentalia, mengembangkan indra auditif atau pendengaran peserta didik, sehingga materi yang disampaikan lebih mudah dimengerti.

Melalui berbagai keadaan yang dapat disimulasikan, multimedia yang baik mampu menghadirkan berbagai macam peristiwa yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran layaknya digambarkan persis dengan objek yang akan dihadirkan. Untuk itu, agar dalam penyampaiannya sesuai dengan keadaan nyata, perlu adanya desain yang baik dan memperhatikan kronologi peristiwa yang ingin disampaikan.

Untuk lebih jelasnya silakan berliterasi dengan memahami materi yang dikembangkan oleh Tim e-Modul Subdit Kurikulum Direktorat Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




Atau anda bisa mendowload materi disini : https://drive.google.com/file/d/1sFa56peEnyw_L4obwgqlogIhhtxhy-E_/view?usp=sharing

Materi selengkapnya untuk Pelatihan  dan Pendampingan e-Modul  :  gg.gg/materi-emodul

Bahan materi tambahan untuk SMA Negeri 1 Porong dapat diunduh pada link berikut :  https://drive.google.com/drive/folders/1EZ4ckV7UgtFRBm0EsigEFGu98yt3i0cB?usp=sharing