Sebagaimana telah penulis share sebelumnya, untuk melakukan pengetikan menggunakan suara dapat dilakukan dengan aplikasi bawaan dari Google Docs.  Silakan anda baca kembali jika kurang memahami tentang Google Speech Recogniton - Soundwriter. 




Berikut ini penulis melakukan pemanfaatan Soundwriter untuk mereview salah satu ffitur di rumahbelajar.id (https://belajar.kemdikbud.go.id/BankSoal), yaitu fitur Bank Soal.
Apa yang penulis tulis setelah paragraf ini adalah hasil Soundwriter yang telah penulis edit dan sempurnakan dari hasil aslinya.  Jika menggunakan hasil kerja Soundwriter yang aslinya belum bisa dibaca dengan baik. Meskipun sudah disetting dalam Bahasa Indonesia, tapi kualitas microphone yang digunakan sangat mempengaruhi hasil pengetikan.

Selain itu, koneksi internet saat menggunakan Soundwriter juga berpengaruh besar terhadap daya tangkap aplikasi terhaap suara kita. Dan satu lagi, tekanan suara saat kita berbicara juga mempengaruhi hasil pengetikan tersebut.

Berikut adalah versi lengkap yang sebetulnya penulis ucapkan  :

Sekarang kita akan memulai melakukan review terhadap website atau konten website yang ditentukan. Kita akan masuk ke dalam fitur Bank Soal dalam Rumah Belajar. Di fitur Bank Soal ini terdapat bank soal untuk Sekolah dasar, Sekolah Menengah Pertama, sekolah menegah atas atau sekolah menengah kejuruan.

Dan kita akan mencoba melihat fitur untuk SMA Kelas X pelajaran Matematika. Misalhnya kalau kita dapat melihat menu Evaluasi Umum dimana ada tombolnya di sebelah kanan. Ada cukup banyak bank soalnya. Ada sekitar 6 halaman atau 56 entry yang ada. Nanti akan kita lihat di halaman pertama ada Ujian Matematika kelas X. Saya akan melihat di di daftar yang kebetulah kita perlukan adalah ulangan harian Nilai Mutlak. Dibuat oleh Rio Setiono, silakan klik tombol 15 soal, ternyata kalau dicermati banyak soal untuk ujian nasional. .....

Sampai disini koneksi terputus. Tapi dalam video berikut dapat anda saksikan rekaman saat penulis melakukan Voice to Text menggunakan Soundwriter.



Contoh lain hasil Voice to text dapat anda lihat pada link berikut :

Hasil Voice to Text - Review Rumah Belajar - Materi MATRIKS. Disini penulis mencoba menggunakan  website gratis : www.dictatio.co, dan hasilnya dapat anda lihat di video berikut :

Voice to text- Kantong Tugas - BANK SOAL


https://aliarsip.blogspot.com/2019/09/review-e-modul-rumah-belajar-jarak.html