Bahan Ajar ataupun Sumber Belajar untuk peserta didik tersebar dimana-mana. Mulai dari yang offline maupun online. Era saat ini bukan lagi bagaimana siswa harus "diberi informasi" ataupun "mencari informasi". Yang terjadi saat ini, siswa harus mampu "mengolah informasi".
Keterampilan melakukan critical Thinking dalam mengolah informasi menjadi penting agar siswa tidak terjebak pada informasi yang tidak benar dan mengganggu pencapain kompetensinya.



Demikianpun seorang guru, harus mampu menyiapkan informasi yang benar dan bersesuaian dengan kebutuhan peserta didiknya. Semakin menjamurnya informasi tentang materi  pembelajaran membuat guru menjadi lebih ringan dalam tugasnya. Namun menjadi sangat berat apabila guru itu sendiri tertinggal oleh kecepatan belajar siswanya.


Berikut adalah salah satu aktivitas yang bisa dilakukan guru sebelum memberikan bahan ajar kepada siswa, yaitu melakukan analisis dan review terhadap bahan ajar yang akan dishare kepada peserta didiknya.

Penulis mencoba mereview salah satu bahan ajar yang terdapat di website Kemdikbud yaitu Rumah Belajar. Dalam melakukan review, penulis menggunakan instrumen sederhana yang biasa penulis gunakan dalam mereveiew Bahan Ajar yang disusun oleh guru-guru dalam pelatihan PSB (Pusat Sumber Belajar) Direktorat Pembinaan SMA. 
Penulis juga telah mengunggah hasil review ini ke Youtube menggunakan aplikasi TTS (Text To Sound). atau Text to Voice sebagai salah satu fitur yang terdapat pada Microsoft Edge.
Silakan disimak di : Link Youtube : https://youtu.be/dKKvMNpJxWM




HASIL REVIEW : 




Review Lay out dan Grafis :
  1. 1)  Tata warna simple dengan latar belakang background putih dan detail menu-menu bernuansa merah. Sederhanya tapi mempunyai keterbacaan yang baik.
  2. 2)      Gambar dan animasi yang ditampilkan sangat membantu pengguna dalam memahami materinya.
  3. 3)      Penggunaan font yang normal dan tidak membuat bahan ajar menjadi norak dengan gambar dan aksesoris yang tidak relevan.

Navigasi :
  1. 1)      Menu dan tombol-tombol link navigasi berfungsi semua, dimana terdapat 4 menu utama pada bagian header yaitu : Pengantar, Materi, contoh, dan Latihan. Di dalam menu-menu tersebut terdapa beberapa sub menu, khususnya pada bagian Materi terdapat 9 sub menu yang merupakan rincian materi pokok, dimana semua tombol link navigasinya tidak ada yang error.


Menu-menu yang terdapat pada bahan ajar ini adalah :
  1. 1.     Judul
  2. 2.     Penulis
  3. 3.     Kompetensi Inti
  4. 4.     Kompetensi Dasar 
  5. 5.     Tujuan Pembelajaran
  6. 6.     Indikator 
  7. 7.     Materi
  8. 8.     Latihan
  9. 9.     Praktikum
  10. 10.  Soal.
ANALISIS Kelebihan Bahan Ajar :
  1. 1.     Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami dan komunikatif.
  2. 2.     Materi yang ringkas membuat siswa tidak jenuh saat membaca dan mudah memahami materi tersebut.
  3. 3.     Terdapat langkah-langkah kerja yang memudahkan siswa dalam belajar.
  4. 4.     Terdapat contoh gambar hasil latihan sehingga siswa dapat mengecek keberhasilan dari latihan yang telah dilakukan.
  5. 5.     Terdapat animasi sederhana yang membantu siswa mengkonkritkan pemahaman terhadap operasi matematis yang abstrak.


ANALISIS KEKURANGAN BAHAN AJAR :
  1. 1.     Pengaturan spasi, jarak dan tanda baca masih perlu diperbaiki.
  2. 2.     Tidak adanya keterangan mengenai nama penulis sehingga modul ini rentan sekali terhadap duplikasi ataupun plagiat.
  3. 3.     Tidak tercantum  koMPETensi Inti , Kompetensi Dasar dan indicator sesuai Kurikulum 2013.
  4. 4.     Tidak adanya evaluasi berupa soal-soal sehingga siswa hanya dapat mengikuti langkah-langkah kegiatan tanpa memahami materi yang dibahas secara teori.


Rekomendasi dan Saran : Sebaiknya setiap bahan ajar yang diupload di rumah belajar sesuai dengan tuntuntan kompetensi dalam kurikulum terbaru.