Pernahkan anda mengalami kejenuhan, kecapekan dan jemari terasa kram jika diminta mengetik naskah atau laporan ataupun bahan-bahan lain yang memaksa kita harus menggunakan keyboard komputer ? Bagi anda yang suka menulis atau memposting tulisan anda di media apapun (terutama online) sangat tidak efisien. 

Penulis akan membagikan pengalaman untuk membantu mempermudah anda mengetik tanpa harus "memperpendek umur" keyboard komputer anda. Ada cara mudah dimana kita cukup berbicara saja maka dengan sendirinya apa yang kita ucapkan berubah menjadi tulisan atau teks.


1. Ketik https://docs.google.com/document/ di mesin pencari Google Chrome, lalu pilih Google Docs - create and edit documents online. Klik.



2. Anda akan diminta Login dengan mengisi alamat email dan pasword (sebaiknya gunakan email gmail.com). 


3. Jika login berhasil anda akan masuk halaman Google Docs. Untuk membuat dokumen klik tombol + (Kosong) berarti anda akan memulai membuat dokumen kosong (blank document). 



4. Setelah berada pada panel Dokumen, kita akan menginstall Add-On STT (Sounds to Text). Klik menu Pengaya -> Dapatkan Pengaya.


5. Telusuri pengaya dengan mengetik Speech Recognition SoundWriter  pada box pencarian di kanan atas.



6. Kalau sudah tampil beberapa pilihan hasil pencarian, pilihlah Speech Recognition SoundWriter dengan mengklik tombol  +GRATIS di bagian kanan.



7. Konfirmasi ulang agar Speech Recognition SoundWriter terinstal. Isikan lagi alamat email anda dan klik  IZINKAN agar data kita dapat di proses.



8. Jika sudah terinstal maka pada menu PENGAYA akan tampil Speech Recognition SoundWriter, silahkan pilih Speech Recognition SoundWriter  - START 





9. Tampilan Speech Recognition SoundWriter  akan muncul di sisi kanan layar komputer anda, untuk merubah bahasa en-US menjadi Bahasa Indonesia klik menu language berbentuk A dalam flag paling bawah, selanjutnya silahkan pilih bahasa sesuai keinginan dan SAVE.





10. Kembali ke dokumen, menu bahasa sudah berganti ke id-ID (bahasa Indonesia), untuk memulai proses mengubah suara menjadi tulisan klik tombol bundaran merah (seperti bendera Jepang) di sisi kanan layar komputer anda. Silahkan anda berbicara apapun yang ingin anda sampaikan baik berupa puisi, curhat dan lain-lain. Otomatis apa yang anda bicarakan akan berubah menjadi tulisan di layar dokumen seperti contoh pada gambar ini. 




11. Otomatis semua hasil translate suara anda akan tersimpan di Drive. Untuk mengecek silahkan buka Drive, disana dokumen percobaan yang dikerjakan tadi sudah tersimpan. Agar memudahkan kita ganti nama Dokumen sesuai kebutuhan anda. Silakan klik nama file di bagian kiri atas, termasuk folder penyimpanan Drive dapat anda ubah. di contoh ini penulis mengubah nama file menjadi "Satu dua tiga tes tes" danf menyimpan di folder VCT INDONESIA BATCH 5.





12. Selanjutnya anda dapat menggunakan file hasil STT tersebut untuk diedit dengan ejaan yang benar. Kemungkinan kendala yang anda hadapi adalah kualitas microphone dan koneksi internet. JIka sudah diedit dengan benar, anda dapat memanfaatkan dan mengubahnya sesuai lay out dokumen yang dibutuhkan. 


Nah gampang kan, daripada capek-capek mengetik. Cukup bicara saja dan biarlah Speech Recognition SoundWriter mengetikkannya untuk ada.   Selamat MENCOBA, Semoga SUKSES....

Berikut saya berikan contoh lain, ketika kualitas internet dan microphpone tidak bisa menangkap jelas apa yang kita ucapkan >...



Terimakasih VCT Batch 5 Zona 104.3 .....