Aplikasi e-DREILITERA adalah sarana pencatatan perkembangan capaian gerakan literasi dasar di SMA Negeri 3 sidoarjo. Aplikasi ini digunakan oleh seluruh warga sekolah, mulai dari Kepala Sekolah, guru, karyawan dan terutama peserta didik.


Aplikasi ini digunakan dalam keadaan TERKONEKSI jaringan INTERNET, berbasis android yang diimplementasikan setiap hari dan semua warga sekolah wajib melaporkan aktivitas literasinya melalaui aplikasi ini. Untuk peserta didik, 15 menit pertama di pagi hari merupakan stimulus berliterasi. Selanjutnya harus melaporkan aktivitas literasinya selama satu hari sebelumnya.

PANDUAN INSTALASI APLIKASI :

<1>. Download apk yang akan diinstal di perangkat Android DOWNLOAD DISINI
    Untuk perangkat tertentu, dapat melakukan instalasi secara langsung dengan memilih Package Installer.

<2>. Jika tampilan diatas tidak ada, silakan buka folder "Download" di perangkat anda. Klik dua kali file "e-DREILITERA  SMAN 3 SIDOARJO_1_1.0"  untuk melanjutkan instalasi sampai selesai. Jika ada pertanyaan konfirmasi untuk menginstal program lanjutkan saja sampai selesai.

<3>. Jika sudah terinstal maka di desktop akan muncul menu berlogo bertuliskan e-DREILITERA SMAN3 SIDOARJO seperti gambar berikut :

<4.> Instalasi Selesai dan aplikasi siap digunakan.


PETUNJUK PENGGUNAAN :
1. Dari halaman aplikasi awal klik tombol MASUK sehingga anda berada pada halaman Beranda.


2. Klik tombol Kelas yang sesuai. Jika anda peserta didik, pilihlah kelas yang sesuai dengan kelas anda. Jika anda seorang guru atau karyawan demikian juga klik tombol yang sesuai.


3. Tampilan berikutnya adalah halaman Login sesuai kelas anda. PILIHLAH Nama anda dan isikan password yang diberikan oleh sekolah, lalu klik tombol NEXT. Demikian juga apabila anda adalah Guru atau karyawan, silakan pilih Nama dan tuliskan password yang telah diberikan.


4. Selanjutnya silakan anda isi data hasil literasi anda, meliputi : Tanggal, Jenis Bahan Literasi (Pilih yang sesuai) , Judul Buku/ Media, Nama Pengarang, Capaian Hari ini (diisi dengan halaman terakhir yang dibaca dari berapa total halaman buku, Rangkuman Hasil Literasi (diisi dengan hasil resensi untuk hari ini), Nilai Positif yang diperoleh (diisi dengan manfaat yang diperoleh dari bacaan hari ini). Jika sudah lengkap, silakan klik tombol SUBMIT.


5. Perekaman data hasil literasi hari ini selasai. Jangan lupa memberi tanda pada halaman terakhir yang anda baca.
6. Jika Anda lupa dengan catatan terakhir anda, silakan menghubungi bapak/ibu guru atau wali kelas.