Guru masa depan adalah guru yang memiliki kemampuan, dan ketrampilan bagaimana dapat menciptakan hasil pembelajaran secara optimal, selanjutnya memiliki kepekaan dalam membaca tanda-tanda zaman, serta memiliki wawasan intelektual dan berpikiran maju, tidak pernah merasa puas dengan ilmu yang dimilikinya.
Kegiatan pokok guru meliputi merencanakan, melaksanakan,  menilai,  membimbing dan  melaksanakan tugas tambahan. Pembelajaran diarahkan pada  pengembangan ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan dan   dilaksanakan secara utuh. Penilaian hasil belajar oleh  pendidik, satuan pendidikan dan  pemerintah meliputi aspek sikap,  pengetahuan dan keterampilan dengan mengutamakan penilaian HOTS.


PendekatanSTEM.
Sains yang mewakili pengetahuan mengenai hukum-hukum dan konsep-konsep yang berlaku di alam .
Teknologi adalah keterampilan yang digunakan dalam mengatur masyarakat, organisasi, pengetahuan atau mendesain serta menggunakan sebuah alat buatan yang dapat memudahkan pekerjaan.

Engineering adalah pengetahuan untuk mengoperasikan atau mendesain sebuah prosedur untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Matematika adalah ilmu yang menghubungkan antara besaran, angka dan ruang yang hanya membutuhkan argument logis tanpa atau disertai dengan bukti empiris.


Berikut adalah materi pendukung sebagai referensi anda dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan STEM yang dikembangkan oleh Direktorat Pembinaan SMA :



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mempunyai visi luar biasa dalam mengemban tugasnya. Semangatnya dalam memperhatikan kualitas guru dan pendidikan selama ini sangat diapresiasi oleh kalangan guru dan masyarakat pada umumnya. Semoga STEM dapat menjadi salah satu alat perubahan menuju pendidikan yang lebih berkualitas dalam menyiapkan generasi mendatang lebih kompetitif.



Semudah murahnya kulakan