Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.
Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan tugas dan distribusi file atau dokumen, Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide untuk menulis, Gmail untuk komunikasi, dan Google Kalender untuk penjadwalan, dan penelusuran Google untuk membantu proyek sekolah. Siswa dapat diajak ke kelas melalui database institusi, melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain sekolah. Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive pengguna masing-masing, di mana siswa dapat mengirimkan karya untuk dinilai oleh seorang guru. Aplikasi seluler , tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan Android, pengguna bisa memanfaatkan melakukan berbagai aktifitas seperti mengambil foto dan melampirkan tugas, berbagi file dari aplikasi lain, dan mengakses informasi secara offline. Guru dapat memantau kemajuan setiap siswa, dan setelah dinilai, guru dapat kembali bekerja, dengan komentar, agar siswa merevisi dan memperbaiki tugas. Guru dapat memposting pengumuman ke ruang kelas yang telah dibuat, dan siswa bisa berinteraksi dengan menuliskan komentar.
Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan guru atau instruktur untuk memulai pembelajaran menggunakan Google Classroom adalah sebagai berikut :

1.  Mengakses Google Classroom.
Untuk memulai membuat pembelajaran menggunakan Google Classroom bukalah alamat : https://classroom.google.com dan loginlah dengan user dan password akun Google pribadi Anda atau akun Google Suite For Education Sekolah/lembaga Anda. Jika sudah membuka dan login maka tampilannya adalah seperti di bawah ini dan pilihlah I'M TEACHER :
  

2. Membuat Kelas Baru
  • Untuk membuat kelas silahkan klik tanda + pada bagian pojok kanan atas dan create class



  • Berilah nama yang akan Anda buat dan tekanlah create. Contoh pemberian nama seperti gambar berikut.

 
bagian yang tidak diperlukan bisa anda kosongkan.

  • Jika sudah selesai akan muncul kelas-kelas seperti ini :