Salah satu permasalahan pendidikan di masa pandemi Covid-19 adalah interaksi antara guru dan siswa. Sekolah telah menggunakan berbagai strategi agar pembelajaran tetap terlaksana secara nyaman.  Guru dan siswa sekarang dituntut untuk bisa menguasai aplikasi pembelajaran online/daring. 

Demikian pula untuk keperluan penilaian atau asesmen. Semua harus dilakukan secara online. Penilaian online, asesmen online, ujian online. Sudah banyak rekomendasi aplikasi ujian online dengan berbagai fitur digital yang menarik. Hasil eksplorasi saya  saya tuliskan agar teman-teman memahami bagaimana cara menggunakannya. 

Silahkan pilih mana kira-kira fiturnya yang paling sesuai dan paling mudah untuk digunakan baik untuk guru maupun siswa. 

Rekomendasi aplikasi asesmen online

1. Google Form

Rekomendasi aplikasi ujian online pertama adalah Google Form. Google Form menjadi aplikasi ujian online terbaik menurut kami karena berbagai alasan, diantaranya Anda bisa langsung terhubung dengan aplikasi pembelajaran online milik Google yaitu Google Classroom.

Google Form
Google Form

Google Form ini gratis bebas untuk Anda gunakan, tinggal disesuaikan saja untuk membuat materi soal ujian onlinenya. Aplikasi ujian daring dari Google ini bisa digunakan untuk membuat soal berbentuk pilihan ganda (multiple choice), essay panjang dan pendek. Selain itu dengan Google Form bisa Anda gunakan untuk membuat survey dan angket untuk mengetahui seberapa efektif materi tersampaikan.

Untuk mengaksesnya Anda bisa membuka di halaman website https://docs.google.com/forms/pastikan Anda sudah login akun Gmail terlebih dahulu.

2. Testmoz

Testmoz
Testmoz

Rekomendasi aplikasi ujian online kedua adalah Testmoz. Aplikasi ini memiliki desain antarmuka yang simpel sehingga mudah digunakan. Untuk versi gratisnya bisa digunakan untuk 50 siswa sekaligus, jadi masih bisa mengakomodir untuk siswa dalam satu kelas. Fitur-fitur menarik yang dimiliki Testmoz diantaranya:

  • Soal pilihan ganda
  • Soal benar/salah
  • Soal mencocokan jawaban
  • Soal esai
  • Fitur survei siswa
  • Bank soal yang lengkap
  • Fitur manajemen soal yang mudah tinggal drag dan drop saja
  • Fitur upload gambar
  • Fitur penyematan video
  • Fitur upload file
  • Bandwidth yang rendah
  • Ramah untuk pengguna desktop dan mobile

Untuk mencobanya silahkan Anda kunjungi websitenya pada URL berikut https://testmoz.com/build

3. Quizizz

Quizizz menawarkan fitur yang lebih menarik dibandingkan dengan lainnya. Quizizz memiliki tampilan yang lebih berwarna dengan animasi-animasi menarik sehingga membuat siswa tidak mudah cepat bosan. Anda juga bisa menambahkan background musik sehingga membuat ujian lebih menarik.

Quizizz
Quizizz

Jika Anda malas membuat soal, Quizizz sudah menyediakan bank soal yang diambil dari pengguna lain, jadi tinggal mencari materi yang sesuai saja. Ada juga fitur tes online yang bisa dilakukan secara realtime kemudian langsung ditutup atau memberi tenggang waktu untuk mengerjakan.

Untuk mengaksesnya silahkan kunjungi websitenya di https://quizizz.com/.

4. ProProfs

Aplikasi ujian secara online selanjutnya bernama ProProfs Quizzes. Ada satu fitur yang menarik dari ProProfs ini, jadi setelah siswa mengerjakan soal ujian online, siswa akan mendapatkan hasil pekerjaan dalam bentuk sertifikat/piagam dengan skor yang dicapainya. Sayangnya untuk versi gratisnya hanya bisa digunakan untuk 10 siswa saja, jika lebih dari itu Anda diharuskan upgrade ke versi berbayarnya.

ProProfs
ProProfs

Tertarik menggunakan aplikasi ujian online berbasis web dari ProProfs, silahkan kunjungi websitenya di https://www.proprofs.com/quiz-school/.

5. QuizStar

Berikutnya rekomendasi aplikasi pembuat ujian online gratis dari QuizStar. Aplikasi QuizStar ini biasa Anda jalankan via website dengan fitur untuk pembuatan soal, administrasi siswa, penilaian otomatis, dan fitur soal dalam bentuk multimedia. Aplikasi QuizStar ini benar-benar gratis Anda bebas menggunakannya.

QuizStar
QuizStar

Untuk mencobanya silahkan kunjungi URL websitenya di http://quizstar.4teachers.org/.


6. Quia Web

Quia Web menyediakan kelas untuk ujian online selama 30 hari gratis. Tersedia fitur 16 tipe aktivitas pembelajaran dan 10 jenis tipe kuis yang bisa Anda pilih. Ada juga fitur kalender online, upload gambar, video dan juga klip suara untuk membuat ujian online lebih menarik dan menyenangkan.

Quia Web
Quia Web

Untuk mencobanya langsung saja kunjungi link berikut ini https://www.quia.com/web.

7. ThatQuiz

ThatQuiz sudah menyediakan soal tinggal menggunakan saja, sayangnya materi soal hanya terbatas pada test matematika (integer, pecahan, konsep dan geometri), kosa kata bahasa (bahasa Inggris, Spanyol, Prancis dan Jerman), Geografi (benua Amerika, Afrika, Eropa dan Asia) dan Ilmu Sains. Ada dua tipe soal yang bisa dikerjakan yaitu pilihan ganda dan essai.

ThatQuiz
ThatQuiz

Jika ingin mencoba Anda bisa langsung membuka websitenya  di https://www.thatquiz.org/.

8. FlexiQuiz

FlexiQuiz adalah pembuat kuis yang fleksibel untuk pekerjaan, pendidikan, atau kesenangan. Buat, kirim, dan analisis kuis dengan mudah.  



FlexiQuiz menyediakan semua fitur untuk membuat kuis online yang andal dengan cepat untuk skenario apa pun. Buat tes yang lebih interaktif dengan gambar dan video. Ekspor semua hasil Anda ke Excel untuk analisis lebih lanjut. Kuis Anda dapat dipublikasikan menggunakan berbagai opsi termasuk tautan khusus, undangan email, atau Anda bahkan dapat membuat portal pengguna Anda sendiri.FlexiQuiz menyediakan berbagai laporan untuk menganalisis tanggapan terhadap tes dan kuis Anda. Laporan dapat dicetak atau diekspor ke PDF, CSV atau Excel.

Jika ingin mencoba Anda bisa langsung membuka websitenya  di  https://www.flexiquiz.com/

Selain 8 aplikasi diatas akan kita update terus. Andapun bisa mencari alternatif yang lain dengan searching di Google.

Demikianlah rekomendasi aplikasi ujian online terbaik yang bisa Anda pilih, silahkan tentukan mana yang terbaik dari segi fitur dan kebutuhan untuk membuat ujian online. Satu saja prinsip penilaian yang harus dipegang, tetap berorientasi pada Student Wellbeing. 

Terima kasih