MUSIK INSTRUMENTAL UNTUK BELAJAR DURASI 2 JAM - SIAP SUBSCRIBE



Teori mendasar dari pendidikan anak adalah bahwa : setiap orang mempunyai gaya belajar yang berebeda-beda.  Itu bisa jadi mendasari juga mengapa sebagai guru harus bisa melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. 

Empat  gaya belajar yang telah dikenal adalah : Auditori, Visual, Kinestetik dan Menulis/membaca.  Lebih jauh mengenai empat gaya belajar tersebut silakan dibaca di : ...


Dengan teori itu, ada anak yang belajar dengan membuat mind mapping, ada yang dengan mendengarkan musik. Tapi sebagian orang tua biasanya tidak begitu suka jika anak belajar dengan musik. Banyak orang merasa musik akan membuat konsentrasi belajar menurun. Benarkah ?

Beberapa anak justru bisa lebih fokus belajar sambil mendengarkan musik. Beberapa manfaat yang bisa didapat dari belajar sambil mendengarkan musik antara lain : 

1.  Meningkatkan motivasi

Musik bisa membuat Anda lebih termotivasi dalam belajar. Setelah belajar lama, pasti Anda membutuhkan reward. 

Musik bisa menjadi pengahargaan untuk diri Anda. Cari musik yang membuat Anda rileks dan tenang.

2. Membantu meningkatkan memori

Ingin pelajaran lebih masuk dalam otak? Cobalah belajar sambil mendengarkan musik klasik. 

Musik klasik bisa membantu otak emnangkap informasi baru. Alunan lagu tersebut membantu menstimulasi otak seperti halnya olahraga.

3. Membantu mengelola stres

Belajar kadang membuat stres bagi sebagian orang. Dengan menedengarkan lagu, Anda bisa mengelola stres tersebut lebih baik. Saat belajar cobalah putar lagu yang Anda suka.

4. Melatih otak

Otak membutuhkan latihan agar tetap berfungsi dengan baik. Ada beberapa cara melatihnya agar bisa bekerja dengan maksimal. 

Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik. Cara ini cukup mudah diterapkan oleh siapa saja.  

5.  Menenangkan pikiran

Musik membantu otak dan tubuh untuk lebih tenang. Saat belajar kadang pikiran menjadi lebih rumit karena banyak yang dipikirkan. Agar pikiran lebih tenang, musik bisa membantu.

Namun jika anda merasa tidak cocok belajar sambil mendengarkan musik, bisa jadi :

- anda bukan tipe Auditori

- musik yang anda dengarkan salah pilih

- anda berada di waktu dan tempat yang kurang tepat


Jika ingin mencoba, silakan menikmati belajar sambil mendengarkan musik berdurasi 2 Jam di channel saya. Saya ingatkan untuk SUBSCRIBE agar tidak ketinggalan koleksi aransemen saya berikutnya : LIHAT DISINI