Ini adalah hasil searching beberapa menit. Mencari cara cepat membuat bumper video untuk profil saya yang baru. Sudah beberapa dibuat dengan software standar, nah ini ingin cari yang instan. Ceritanya mau memperkenalkan ciri khas sekolah saya, branding, atau bisa untuk memperkenalkan diri sebagai Founder Sekolah Maya CakAli. Sebelumnya sudah pernah membuat opening video online di Filmora, Shotcut, Adobe Premiere, dll. Akan tetapi diperlukan skill khusus dan latihan yang panjang sebelum akhirnya mahir menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut.

Untuk mengefektifkan kerja, rupanya harus ketularan mencari yang instan-instan gitu. Lalu saya cari alternatif lain cara mengedit bumper video secara online. Masih dicoba juga. Prinsipnya, yang tanpa melakukan download software apapun. Dan ketemunya beberapa situs yang direkomendasikan oleh blogger lain.

1. MotionDen

Cara membuat opening video online yang pertama adalah lewat situs web Motionden. Dengan membuat intro video di MotionDen, dapat membuat bumper video dalam bentuk grafis dan animasi yang memukau. Hasil editan ini nantinya bisa digunakan untuk intro vlog YouTube, game, dan company profile. Video intro akan beres dalam sekejap. Caranya cukup dengan memilih template video favorit yang bisa diakses secara gratis di sana. Contohnya seperti template “Dark Smoke”, “Pattern Blast”, “Fire Red”, dan “8-BIT GAMING”. 

Selain template gratis, keuntungan lain adalah aplikasi ini memungkinkan untuk membuat intro konten dari mana saja dan di mana saja dengan mudah. Nggak perlu menggunakan kartu kredit atau semacamnya, bisa menikmati fitur di situs ini hanya dengan melakukan sign-up dengan akun Google. 

Saya temukan situsnya di http://www.motionden.com

2. BiteAble

Berikutnya adalah situs BiteAble yang merupakan aplikasi yang cukup meyakinkan. Ibarat burger, kata blogger kreativv.com itu, video inti merupakan bagian daging, sayur-mayur, dan keju. Sedangkan BiteAble diibaratkan sebagai roti yang membungkus keduanya dari atas dan bawah. 

Ini berarti bahwa aplikasi untuk membuat opening video online yang satu ini bekerja guna “memperlezat” tampilan visual video yang dihidangkan kepada penonton. Sehingga, video tersebut tampak biteable layaknya sepotong burger. 

Aplikasi ini memang sengaja dirancang untuk siapa saja. Meskipun belum berpengalaman, seakan-akan bisa membuat video intro dan outro profesional dari ujung jari tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Sayangnya, nggak semua fitur gratis. Ada ‘Premium Membership’ berbayar untuk menghilangkan watermark dan menggunakan lebih dari 80.000 stok premium footage dari BiteAble.

Saya temukan situsnya disini : http://www.biteable.com

3. Renderforest

Cara membuat opening video online yang berikutnya adalah dengan menggunakan Renderforest. Aplikasi ini merupakan platform video dengan cloud-based yang bisa mengedit video dengan hasil indah, powerful, dan profesional. Dalam hitungan menit, bisa membuat bumper video untuk berbagai keperluan. Misalnya membuat berbagai macam desain grafis dan motion video, meskipun bukan ahli videografer atau editor video sekalipun.

Salah satu keuntungan dari aplikasi ini adalah bisa menggunakan lebih dari 195.000 footage HD. Dan semua footage yang ada di sini sudah bebas copyright. Sehingga bisa digunakan untuk kepentingan komersial. 

Untuk membuat intro YouTube, animasi, infografis bergerak, menambahkan voice-over, membuat tayangan slide presentasi, dan mempromosikan suatu brand seperti halnya ingin memperkenalkan Sekolah Maya CakAli. Namun perlu dicatat bahwa nggak sepenuhnya gratis, ada yang harus berlangganan terlebih dahulu untuk menikmati semua fiturnya.

Saya temukan situsnya di http://www.renderforest.com

4. Placeit

Mengedit video terdengar seperti pekerjaan yang rumit dan melelahkan, padahal nggak selamanya begitu. Setuju! Yang belum pernah mengedit video bisa mencoba membuat intro di situs Placeit, sangat mudah dan hasilnya spektakuler. 

Mau bikin intro dengan animasi logo, video singkat, dan transisi antara video satu dengan video lainnya bisa hanya dalam beberapa menit saja. Ditambah dengan fitur yang memungkinkan untuk menggunakan lebih dari 23.806 template kreatif yang tentunya menarik dan berkesan untuk penonton. Membuat opening video online jadi lebih mudah dengan menggunakan situs web yang satu ini. Membuat bumper video kekinian anti-ribet bisa dicoba di Placeit.  

Saya temukan di http://www.placeit.net

5. Animaker

Situs Animaker merupakan pilihan yang tepat untuk membuat video untuk bisnis, presentasi, atau proyek pribadi dengan gaya yang santai, fresh, dan modern, tetapi tetap bisa dipakai untuk konsep konten yang formal.

Aplikasi ini memungkinkan untuk membuat 6 gaya video unik dari satu aplikasi saja, jadi nggak perlu gonta-ganti aplikasi untuk menghasilkan mahakarya yang cetar. Keenam gaya video tersebut yaitu 2D, infografis, handcraftwhiteboard, 2.5D, dan tipografi.

Untuk masalah edit video, ada banyak fitur yang ditawarkan. Pokoknya nggak kalah lengkap dengan aplikasi edit video di PC seperti yang sudah pernah saya pakai. Beberapa fitur edit video yang ditawarkan di antaranya seperti record, multimove, kamera, curve, efek transisi, efek keluar atau masuk, text to speech, 50+ background music, 175+ efek suara, dan masih banyak lagi.

Saya temukan di http://www.animaker.com

Dan ini hasil percobaan saya : 



Itu hasil temuan saya sementara ini. Kalau besok besok nemu lagi, tinggal saya tambahkan update postingan ini.  Terimakasih untuk www.kreativv.com semoga bermanfaat !