Sejauh ini buanyak yang bertanya ke saya mengenai Program Sekolah Penggerak. Kebetulan saya pengawas untuk sekolah binaan yang tidak lolos sebagai Sekolah Penggerak. Namun dari beberapa rekan pengawas lain saya mendapatkan banyak referensi. Sangat banyak. Tapi yang paling mudah dibaca adalah rangkuman  tanya jawab ini. Nanti mau saya buatkan videonya di Youtube biar bisa didengarkan sambil beraktivitas yang lain. Soalnya kalau membaca panduan aslinya pasti sangat formal dan kalimatnya puanjang-panjang, seperti ini :

        Program Sekolah Penggerak adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capain hasil belajar peserta didik secara holistic baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak adalah program untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik baik dari aspek kompetensi kognitif (literasi dan numerasi) maupun non-kognitif (karakter) untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila.                 Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1177/M/2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Sekolah penggerak, menyebutkan bahwa tujuan Program Sekolah Penggerak adalah meningkatkan kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila, menjamin pemerataan kualitas pendidikan melalui program peningkatan kapasitas kepala sekolah yang mampu memimpin satuan pendidikan dalam mencapai pembelajaran yang berkualitas, membangun ekosistem pendidikan yang lebih kuat yang berfokus pada peningkatan kualitas, serta menciptakan iklim kolaboratif bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan baik pada lingkup sekolah, pemerintah daerah, maupun pusat. 


        Untuk mencapai tujuan tersebut, intervensi pada tingkat satuan pendidikan dilakukan dengan menguatkan SDM sekolah melalui pelatihan dan pendampingan. Pelatihan dan pendampingan penguatan SDM sekolah ini menggunakan platform belajar berupa Learning Managament System (LMS) Program Sekolah Penggerak (PSP) dan difasilitasi oleh instruktur. Dalam pelaksanaan pelatihan ini diperlukan panduan yang memuat deskripsi cara mengakses dan menggunakan LMS PSP sehingga memudahkan dalam melakukan aktivitas kegiatan. 

Itu baru pengantarnya. Saya lebih suka yang formatnya Tanya Jawab. Langsung pada sasaran. Seperti ini : 


1. Apa yang dimaksud dengan Pendidikan Merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara? 

 Menurut Ki Hadjar Dewantara, “Pendidikan merdeka itu ... berdaya upaya dengan sengaja untuk memajukan hidup–tumbuhnya budi- pekerti (rasa– fikiran, rokh) dan badan anak dengan jalan pengajaran, teladan, dan pembiasaan jangan disertai perintah dan paksaan. 


2. Apa tujuan Pendidikan menurut Ki Hadjar Dewantara? 

 Tujuan pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara adalah “menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat”. 


 3. Apa yang dimaksud dengan Pengajaran? 

 Pengajaran’ (onderwijs) itu merupakan salah satu bagian dari Pendidikan. Maksudnya, pengajaran itu tidak lain adalah Pendidikan dengan cara memberi ilmu atau berfaedah buat hidup anak-anak, baik lahir maupun batin. 


 4. Apa yang dimaksud dengan Pendidikan? 

 Pendidikan mempunyai beragam jenis pengertian. Bisa dikatakan bahwa tiap-tiap aliran hidup, baik aliran agama maupun aliran kemasyarakatan mempunyai maksud yang berbeda. Tidak hanya maksud dan tujuannya yang berbeda-beda, cara mendidiknya juga tidak sama. Pendidikan diartikan sebagai ‘tuntunan dalam hidup tumbuhnya anak-anak’. Maksud Pendidikan yaitu: menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. 


Dan seterusnya saya bisa baca di file berikut :

Semoga sekolah binaan saya dapat ikut Program Sekolah Penggerak di peiode berikutnya. Aamiin...  Untuk melihat daftar sekolah penggerak silakan klik gambar di bawah ini