Asesmen atau Penilaian. Berbeda kata dan sebetulnya juga berbeda terminologi. Tapi untuk memudahkan pemahaman teman-teman, semantara kita anggap sama saja antara asesmen dan penilaian.
Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian
hasil belajar peserta didik. Pelaksanaan penilaian di SMA mengacu pada Standar Penilaian
Pendidikan dan peraturan-peraturan penilaian lain yang relevan yaitu kriteria mengenai
lingkup, tujuan, manfaat, prinsip, mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar
peserta didik yang digunakan sebagai dasar dalam penilaian hasil belajar peserta didik pada
pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Penilaian di kelas bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, menginterpretasikan,
dan memanfaatkan informasi hasil penilaian berkaitan dengan perkembangan dan
pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam kurikulum.
Pelaksanaan penilaian aspek pengetahuan dapat dilakukan dengan menggunakan tes
tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan diukur.
Tes tertulis dilakukan dengan berbagai bentuk antara lain uraian, isian singkat, dan pilihan
ganda.
Pembahasannya memang sangat luas, oleh karena itu lebih efektif bila kita langsung mempelajari panduannya. Di bawah ini kita berikan tautan Panduan Penilaian :