Pembelajaran Berdiferensiasi mejadi topik paling hangat setahun terakhir, setidaknya dengan dirilisnya program pendidikan guru penggerak, bagian dari episode Merdeka Belajar.  Pendidikan di Indonesia, dengan kurikulum sebelumnya, dipandang masih sarat dengan kelemahan-kelemahan. Semoga tidak termasuk kategori lemah syahwat. Hehe. Tapi diakui atau tidak memang masih banyak bagian-bagian dari pendidikan Indonesia yang harus diperkuat, salah satunya adalah Proses pembelajaran di kelas.




Proses pembelajaran yang selama ini dilaksanakan oleh guru-guru -sebetulnya- sudah baik. Akan tetapi, guru sendiri belum puas dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukannya. Saya mengambil data dari peserta program guru penggerak yang saya failitasi. Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta. Pertanyaan brainstorming, jadi masih benar-benar keluar dari lubuk hati yang paling dalam. 

Ini pertanyaan pemantik diskusi dalam kegiatan Eksplorasi Konsep : 
  1. Bagaimana saya mengelola pembelajaran secara efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar murid saya?
  2. Apa yang akan saya minta murid pelajari?
  3. Bagaimana murid saya harus belajar, difasilitasi pembelajarannya dan berinteraksi satu sama lain?
  4. Bagaimana mereka mendemonstrasikan hasil pembelajaran mereka? Apa yang akan mereka hasilkan?
  5. Apa peran penilaian formatif dan sumatif dalam pembelajaran berdiferensiasi ?

Saya menyimpan jawaban-jawaban dari peserta saya sebagai bagian dari rekam jejak kegiatan, sekaligus kalau ada guru lain yang membaca bisa mengambil manfaatnya.  Sekali lagi, jika ada yang kurang berkenan saya mohon maaf. Ini juga merupakan bagian dari portofolio digital saya, sebelum saya analisis dan membuat kesimpulan.  Dan ternyata belum semua peserta saya mengirimkan jawabannya .... 




EKSPLORASI KONSEP

by TRISNIWATI GONDO - 

SEBELUM MEMULAI DISKUSI

1.Bagaimana saya mengelola pembelajaran secara efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar  murid ?saya akan mengelola pembelajaran murid sesuai dengan minat, kesiapan belajar dan sesuai dengan profil belajar murid 

2.Apa yang akan saya minta murid pelajari? saya akan meminta murid untuk mempelajari materi yang akan saya sampaikan sesuai dengan gaya belajar yang paling diminati oleh anak

3.Bagaimana murid saya harus belajar, difasilitasi pembelajarannya dan berinteraksi satu sama lain?murid saya harus belajar sesuai dengan gaya belajar mereka yang paling mereka senangi dan bisa memahami materi yang ingin guru sampaikan , murid bebas bereksplorasi dengan teman satu kelas

4.Bagaimana mereka mendemonstrasikan hasil pembelajaran mereka? Apa yang akan mereka hasilkan?mereka akan mendemonstrasikan hasil belajarnya yang sesuai dengan keinginannya tanpa mengurangi hal-hal yang telah disampaikan guru, yang mereka hasilkan adalah karya mereka sendiri tentang materi yang telah diberikan

5.Apa peran penilaian formatif dan sumatif dalam pembelajaran berdiferensiasi ? untuk mengetahui pemahaman konsep siswa terhadap materi yang telah diberikan serta untuk memberikan dukungan kepada guru dan siswa tentang kemampuan dalam rangka mendukung pembelajaran selanjutnya.

SETELAH MELIHAT VIDIO

1.informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

a. video 1 informasi atau fakta yang disampaikan tentang  tiga strategi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu: pertama strategi konten, kedua strategi proses, ketiga strategi produk Strategi berdiferensiasi konten: Dalam konten, jenis informasi yang disiapkan harus sesuai dengan kesiapan belajar . Bahan ajar yang sesuai dapat membantu murid mengembangkan ide-ide dengan memberikan pertanyaan pemandu dan tantangan. Kita juga dapat melihat minat setiap murid maka diberikan kebebasan pada murid untuk mencari informasi sesuai minat mereka.

b. video 2. informasi dan fakta yang saya dapat adalah lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi yaitu learning community /komunitas belajar. komunitas belajar adalah setiap orang dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik, setiap orang di dalam kelas saling menghargai, murid akan merasa aman, ada harapan bagi pertumbuhan, guru mengajar untuk mencapai kesuksesan, ada keadilan dalam bentuk yang nyata dan guru beserta siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.

c. artikel. informasi dan fakta yang saya dapat adalah menurut Tomlinson dan moon {2013} mengatakan bahwa penilaian adalah proses mengumpulkan, mensintesis dan menafsirkan informasi di kelas untuk tujuan membantu pengambilan keputusan guru. dalam kelas kita dapat memandang penilaian dalam 3 perspektif yaitu asesment for learning, asestmen of learning dan asesment as learning.

2. gagasan baru apa yang anda dapatkan dari video dan artikel yang anda lihat ?

menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menerapkan 3 strategi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu konten, proses dan produk sesuai kebutuhan belajar murid. mengenal kebutuhan murid berdasarkan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid dengan mewujudkan lingkungan belajar yang learning community. gagasan lain yang saya peroleh adalah tentang strategi penilaian formatif yang mungkin dapat dilakukan guru dengan mudah yaitu dengan tiket keluar, tiket masuk, berbagi 30 detik, dan nama dalam toples.

3. apakah yang menurut anda akan sulit diimplementasikan? mengapa?

mengimplementasikan penilaian formatif. karena penilaian ini bersifat memantau dan memonitor proses pembelajaran yang dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan serta dilakukan secara konsisten untuk memantau pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan murid yang berkembang terkait dengan materi yang dipelajari. hal ini membutuhkan pemikiran yang kritis dan tepat sasaran.

4. pertanyaan apakah yang masih anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

bagaimana memenuhi kebutuhan murid saat melakukan pembelajaran diferensiasi konten dengan gaya belajar murid yang berbeda- beda? lalu bagaimana cara menerapkan penilaian formatif yang sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi ini?



Pembelajaran Berdiferensiasi

by TINUK TRIYANA - 

1.   Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

Video 1 memberikan informasi tentang 3 strategi pembelajaran berdiferensiasi, diantaranya: diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Diferensiasi konten didasarkan oleh “the Equalizer”. Diferensiasi proses berkaitan bagaimana cara melakukan proses pembelajaran diferensiasi. Diferensiasi produk, tagihan yang diharap dari murid  harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Video 2 memberikan informasi tentang lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi dengan membangun Learning Community (Komunitas Belajar). Karakteristik komunitas belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi, yaitu: setiap orang dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik, setiap orang didalam kelas tersebut saling menghargai, murid merasa aman baik fisik maupun psikis, ada harapan bagi pertumbuhan, guru mengajar untuk mencapai kesuksesan, ada keadilan dalam bentuk yang nyata, guru dan siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.

Artikel memberikan informasi tentang Peran Penilaian dalam  Pembelajaran Berdiferensiasi. Di dalam kelas, kita dapat memandang penilaian dalam 3 perspektif: 1. Assessment for learning - Penilaian yang dilakukan selama berlangsungnya proses pembelajaran dan biasanya digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan proses belajar mengajar. Berfungsi sebagai penilaian formatif. 2. Assessment of learning - Penilaian yang dilaksanakan setelah proses pembelajaran selesai. Berfungsi sebagai penilaian sumatif. 3. Assessment as learning - Penilaian sebagai proses belajar dan melibatkan murid[1]murid secara aktif dalam kegiatan penilaian tersebut. Penilaian ini juga dapat berfungsi sebagai penilaian formatif.

 

2.   Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

Pembelajaran berdiferensiasi dengan 3 strategi, yaitu: diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Bagaimana membangun Learning Community (Komunitas Belajar), dan 3 perspektif dalam penilaian.

 

3.   Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Implementasi diferensiasi proses, menurut saya sedikit menantang untuk dilakukan. Mengingat kami mengajar di banyak kelas dimana kelas kami termasuk kelas besar dengan 36 murid setiap kelasnya dan juga memiliki kemampuan yang beragam.  

 

4.    Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Bagaimana menjaga kestabilan komunitas belajar, karena kadangkala komunitas yang kita bangun mengalami kejenuhan.


Pembelajaran Diferensiasi

by Febri Sumarianto - 

SEBELUM MEMULAI DISKUSI

1.Bagaimana saya mengelola pembelajaran secara efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar  murid ?

  • saya akan mengelola pembelajaran murid sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan sesuai dengan profil belajar murid 

2.Apa yang akan saya minta murid pelajari?  

  • saya akan meminta murid untuk memilih materi yang akan saya sampaikan sesuai dengan gaya belajar yang paling diminati oleh anak

3.Bagaimana murid saya harus belajar, difasilitasi pembelajarannya dan berinteraksi satu sama lain?

  • murid saya belajar sesuai dengan gaya belajar yang paling mereka senangi untuk memahami materi yang ingin guru sampaikan , murid bebas bereksplorasi dengan teman satu kelas.

4.Bagaimana mereka mendemonstrasikan hasil pembelajaran mereka? Apa yang akan mereka hasilkan?

  • Guru menyiapkan tagihan menggunakan diferensiasi produk, mereka akan mendemonstrasikan hasil karyanya yang sesuai dengan diferensiasi konten yang sesuai dengan materi pokok yang akan diberikan guru

5.Apa peran penilaian formatif dan sumatif dalam pembelajaran berdiferensiasi ? 

  • untuk mengetahui pemahaman konsep siswa terhadap materi yang telah diberikan serta untuk memberikan dukungan kepada guru dan siswa tentang kemampuan dalam rangka mendukung pembelajaran selanjutnya.

Informasi yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

Video 1 memberikan informasi tentang 3 strategi pembelajaran berdiferensiasi, diantaranya: diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Diferensiasi konten didasarkan oleh “the Equalizer”. Diferensiasi proses berkaitan bagaimana cara melakukan proses pembelajaran diferensiasi. Diferensiasi produk, tagihan yang diharap dari murid  harus sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

Video 2 memberikan informasi tentang lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi dengan membangun Learning Community (Komunitas Belajar). Karakteristik komunitas belajar dalam pembelajaran berdiferensiasi, yaitu: setiap orang dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik, setiap orang didalam kelas tersebut saling menghargai, murid merasa aman baik fisik maupun psikis, ada harapan bagi pertumbuhan, guru mengajar untuk mencapai kesuksesan, ada keadilan dalam bentuk yang nyata, guru dan siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama. 

artikel memberikan informasi dan fakta tentang penilaian dalam  Pembelajaran Berdiferensiasi. Menurut Tomlinson dan moon {2013} mengatakan bahwa penilaian adalah proses mengumpulkan, mensintesis dan menafsirkan informasi di kelas untuk tujuan membantu pengambilan keputusan guru. dalam kelas kita dapat memandang penilaian dalam 3 perspektif yaitu asesment for learning, asestmen of learning dan asesment as learning.

gagasan baru apa yang anda dapatkan dari video dan artikel yang anda lihat ?

menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menerapkan 3 strategi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu konten, proses dan produk sesuai kebutuhan belajar murid. mengenal kebutuhan murid berdasarkan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid dengan mewujudkan lingkungan belajar yang learning community. gagasan lain yang saya peroleh adalah tentang strategi penilaian formatif . 

Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Implementasi diferensiasi menurut saya menarik untuk bisa lebih mengenali keunikan murid. 

pertanyaan apakah yang masih anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

bagaimana cara mudah menganalisis minat dan profil belajar murid? bagaimana memenuhi kebutuhan murid ketika melakukan pembelajaran diferensiasi konten dengan profil belajar murid yang berbeda- beda? lalu bagaimana cara menerapkan penilaian formatif yang sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi ini?








Sebelum Memulai diskusi

by LUSI RESTIYANI - 


SEBELUM MEMULAI DISKUSI

➡️ Bagaimana saya mengelola pembelajaran secara efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar  murid ?

Saya akan mengelola pembelajaran murid sesuai dengan minat, kesiapan belajar dan sesuai dengan profil belajar murid 

➡️Apa yang akan saya minta murid pelajari?

 Saya akan meminta murid untuk memilih metode materi yang akan saya sampaikan sesuai dengan gaya belajar yang paling diminati oleh anak

➡️Bagaimana murid saya harus belajar, difasilitasi pembelajarannya dan berinteraksi satu sama lain?

Murid saya , saya harapkan bisa belajar sesuai dengan gaya belajar mereka yang paling mereka senangi dan bisa memahami materi yang ingin guru sampaikan , murid bebas bereksplorasi dengan teman satu kelas

➡️Bagaimana mereka mendemonstrasikan hasil pembelajaran mereka? Apa yang akan mereka hasilkan?

Mereka akan mendemonstrasikan hasil belajarnya yang sesuai dengan keinginannya , yang mereka hasilkan adalah karya mereka sendiri tentang materi yang telah diberikan

➡️Apa peran penilaian formatif dan sumatif dalam pembelajaran berdiferensiasi ? 

Untuk mengetahui pemahaman  siswa terhadap materi yang telah diberikan serta untuk memberikan dukungan dan motovasi kepada guru dan siswa tentang kemampuan dalam rangka mendukung pembelajaran selanjutnya.

SETELAH MELIHAT VIDIO

1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

a. Video 1 informasi atau fakta yang disampaikan tentang  tiga strategi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu:  strategi konten,  strategi proses,  strategi produk Strategi berdiferensiasi konten: Dalam konten, jenis informasi yang disiapkan harus sesuai dengan kesiapan belajar . Bahan ajar yang sesuai dapat membantu murid mengembangkan ide-ide dengan memberikan pertanyaan pemandu dan tantangan. Kita juga dapat melihat minat setiap murid maka diberikan kebebasan pada murid untuk mencari informasi sesuai minat mereka.

b. Video 2. informasi dan fakta yang saya dapat adalah lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi yaitu learning community /komunitas belajar. komunitas belajar adalah setiap orang dalam kelas akan menyambut dan merasa disambut dengan baik, setiap orang di dalam kelas saling menghargai, murid akan merasa aman, ada harapan bagi pertumbuhan, guru mengajar untuk mencapai kesuksesan, ada keadilan dalam bentuk yang nyata dan guru beserta siswa berkolaborasi untuk pertumbuhan dan kesuksesan bersama.

c. Artikel, informasi dan fakta yang saya dapat adalah menurut Tomlinson dan moon {2013} mengatakan bahwa penilaian adalah proses mengumpulkan, mensintesis dan menafsirkan informasi di kelas untuk tujuan membantu pengambilan keputusan guru. dalam kelas kita dapat memandang penilaian dalam 3 perspektif yaitu asesment for learning, asestmen of learning dan asesment as learning.

2. Gagasan baru apa yang anda dapatkan dari video dan artikel yang anda lihat ?

Menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menerapkan 3 strategi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu konten, proses dan produk sesuai kebutuhan belajar murid. Mengenal kebutuhan murid berdasarkan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar murid dengan mewujudkan lingkungan belajar yang learning community. Gagasan lain yang saya peroleh adalah tentang strategi penilaian formatif yang mungkin dapat dilakukan guru dengan mudah yaitu dengan tiket keluar, tiket masuk, berbagi 30 detik, dan nama dalam toples.

3. Apakah yang menurut anda akan sulit diimplementasikan? mengapa?

Menerapkan pembelajaran secara diferensiasi. Karena butuh pemikiran yang tepat sasaran. Dan penilaian formatif, karena butuh proses yang cukup panjang.

4. pertanyaan apakah yang masih anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Bagaimana menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, bagaimana  memenuhi kebutuhan murid saat melakukan pembelajaran diferensiasi konten dengan gaya belajar murid yang berbeda- beda? lalu bagaimana cara menerapkan penilaian formatif yang sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi ini?


Bismillah semoga dimudahkan. Tetep Semangat


Pembelajaran Diferensiasi

by ANGGI PERMATA SARI . - 

SEBELUM MEMULAI DISKUSI

1. Bagaimana saya mengelola pembelajaran secara efektif sehingga bisa memenuhi kebutuhan belajar murid saya? Yang saya lakukan adalah memberikan informasi tentang materi atau tema yang akan dipelajari serta menyampaikan tujuan pembelajaran. Hal ini saya lakukan untuk menyiapkan murid dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selanjutnya mempersiapkan pertanyaan murid yang akan memandu mereka ke materi yang akan dipelajari. Murid diberikan kebebasan memilih serta menjawab pertanyaan sesuai dengan mina murid masing – masing.

2. Apa yang akan saya minta murid pelajari?

Sebagai guru saya akan meminta murid untuk  mempelajari materi yang sesuai dengan materi atau tema serta tujuan pembelajaran yang telah disampaikan.

3. Bagaimana murid saya harus belajar, difasilitasi pembelajarannya dan berinteraksi satu sama lain?

Dari pertanyaan yang diberikan di awal dalam rangka membawa siswa ke materi, akan di dapatkan umpan balik mengenai kesamaan minat, sehingga akan saya gunakan sebagai langkah pengelompokan siswa dalam kelompok belajarnya

4. Bagaimana mereka mendemonstrasikan hasil pembelajaran mereka? Apa yang akan mereka hasilkan? Mendemonstrasikan belajar murid dari hasil kerja kelompok, berupa diskusi dan akan dipresentasikan didepan kelas. Tiap kelompok maju dengan semua anggota akan mempresentasikan hasil belajar mereka. Setelah itu murid yang lain diberikan kesempatan untuk bertanya maupun memberikan tanggapannya.

5. Apa peran penilaian formatif dan sumatif dalam pembelajaran berdiferensiasi ? 

Peran penilaian formatif ini sangat penting untuk memonitor proses pembelajaran dan sangat penting bagi guru untuk memantau pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan murid yang berkembang terkait dengan topik atau materi yang sedang dipelajari.


SETELAH MELIHAT VIDEO

1.      Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

a.       Pada video 1, informasi atau fakta yang disampaikan tentang  tiga strategi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu: pertama strategi konten, kedua strategi proses, ketiga strategi produk

b.      Pada video 2 informasi atau fakta yaitu lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran berdiferensiasi, yaitu learning comunity (Komunitas Belajar). Komunitas semua anggota adalah pembelajar.

c.       Informasi atau fakta dalam artikel, yaitu Tomlinson & Moon (2013) mengatakan bahwa penilaian adalah proses mengumpulkan, mensintesis, dan menafsirkan informasi di kelas untuk tujuan membantu pengambilan keputusan guru.

 

2.      Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

Gagasan baru yang saya dapatkan, yaitu  menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menerapkan tiga strategi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu  konten, proses, produk sesuai kebutuhan belajar murid berdasarkan kesiapan belajar, minat, profil belajar murid dengan mewujudkan lingkungan belajar yang learning comunity



3.      Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Menurut saya yang sulit dilakukan adalah saat melakukan pemetaan kebutuhan murid. Karena itu merupakan langkah awal sebelum melakukan pembelajaran berdiferensiasi. Sehingga butuh upaya yang lebih maksimal.


4.      Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Bagaimana teknis dan format dalam pemetakan kebutuhan belajar siswa, bagaimanakah format dan bentuk penilaian formatif, dan bagaimana cara melakukan penilaian formatif. Bagaimana indikator pelaksanaan dan keberhasilan penilaian formatif?







Pembelajaran Diferensiasi

by GAYAN INANGI MEISELLA - 

Pertanyaan untuk diskusi daring:

  1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

Vidio 1

Sebagai dasar penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah memetakan kebutuhan murid. Dalam memetakan kebutuhan murid terdapat 3 aspek yang dibutuhkan yaitu kesiapan belajar murid, minat belajar murid, dan profil belajar murid.

Dengan memahami 3 aspek pemetaan kebutuhan memnentukan strategi pembelajaran diferensiasi. 3 strategi pembelelajaran yaitu:

1)    Diferensiasi Konten

Konten adalah materi yang diajarkan pada murid kita. Seperti halnya pemilihan konten berdasarkan minat belajar murid, kombinasi kesiapan minat dan profil belajar murid. Tomlinson memberikan kita alat equilizer yang membantu Guru dalam mengukur kesiapan belajar murid. Guru dapat melihat kesiapan belajar murid apakah murid siap belajar secara konkret atau belajar secara abstrak. Diferensiasi konten berdasarkan minat murid guru dapat menyediakan jenis topik yang mereka minati sesuai dengan pokok bahasan atau pembelajaran. Diferensiasi konten berdasarkan profil belajar murid yang lebih cenderung kepada pembelajaran visual, audia, bahkan audio visual.

 

2)    Diferensiasi Proses

Murid memahami atau memaknai informasi atau materi yang dipelajari sehingga hal ini dapat dilihat saat proses bagaimana murid memahami materi, pemilihan kegiatan pembelajaran apakah dalam bentuk individu atau kelompok , serta kemampuan murid dalam belajar atau mengerjakan sendiri atau masih butuh bimbingan. Cara melakukan diferensiasi proses :

1.    Kegiatan berjenjang, semua murid bekerja membangun pemahaman dan keterampilan yang sama tetapi dilakukan dengan berbagai tingkat dukungan, tantangan atau kompleksitas yang berbeda.

2.    Menyediakan pertanyaan pemandu atau tantangan yang perlu diselesaikan di sudut-sudut minat.

3.    Membuat agenda invidual.

4.    Memvariasikan lama waktu murid untuk menyelesaikan tugas.

5.    Mengembangkan kegiatan bervariasi, mengakomodir gaya belajar.

6.    Menggunakan kelompok yang fleksibel sesuai dengan kesiapan dan minat.

 

3)    Diferensiasi Produk

Produk berupa tagihan atau hasil yang diharapkan dari murid setelah proses pembelajaran, baik berupa hasil tes, presentasi atau diskusi, pertunjukan, pidato, diagram dan lainnya yang mencerminkan pemahaman murid dari tujuan yang diharapka dalam pembelajaran. Diferensiasi produk meliputi :

a.    Memberikan tantangan atau variasi

b.    Memberikan murid pilihan bagaimana mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan.

Video 2

Berisikan engenai informasi lingkungan belajar yang mendukung diferensiai dibangun dengan membuat:

1.    Komuniats belajarsetiap orang di dalam kelas akan menyambut dan merasa disabut oleh orang lain

2.    Setiap orang di dalam kelas saling menghargai.

3.    Murid merasa aman, menciptakan murid berani dalam mengemukakan pendapat.

4.    Ada harapan bagi pertumbuhan, memahami pertumbuhan yang ditujukkan murid.

5.    Guru mengajak murid unutk mencapai kesuksesan, pengalaman belajar mendorong murid lebih cepat, sedikit melampaui apa yang telah dikuasainya, guru memberikan dukunagan sehingga murid tidak merasa frustasi.

6.    Adanya bentuk keadilan dalam bentuk nayat.

7.    Guru berkolaborasi dengan murid untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan bersama, adanya tanngung jawab  masing-masing agar pembentukan dan tercipta kelas yang efektif.

Peran penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi membantu guru unutk memahami murid mereka, memantau proses belajar mengajar, dan membangun komunitas kelas yang efektif. Salah satu jenis penialaian yaitu penilaian foematif unutk memantau pengetahuan, pemahaman, dan keterammpilan murid yang berkembang terkait dengan topik atau meteri yang sedang dipelajari. Startegi dan menganalisis penilai akkan menjadi keterampilan yang sangat penting bagi guru, agar dapat mengimplementasikan pembelajran berdiferensiasi dengan sukses.

  1. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

3 aspek yang dibutuhkan pembelajran diferensiasi dan 3 proses pembelajaran diferensiasi. Dalam pembelajaran diferensiasi sangat penting untuk mendiagnostik kesaiapan belajar murid. Pengaruh penitng lingkungan belajar yang menudkung pembelajaran diferensiasi.

  1. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Memahami tingkat kesiapan murid,  minat belajar, dan profil belajar yang berbeda. Karena hal itu perlu usaha yang sungguh-sungguh untuk menerapkan pembelajaran diferensiasi dan perlunya kolaborasi baik murid bahkan orang tua murid.

  1. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

1.    Bagaimana bentuk RPP pada pembelajaran diferensiasi?

2.    Bagaimana menentukan tes formatif pada pembelajaran diferensiasi?

3.    Apakah dalam pembelajaran diferensiasi harus melewati ketiga proses pembelajaran yaitu dieferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk?

 




PEMBELAJARAN DEFERENSIASI

by SUYADI . - 
Sebelum Melihat Video :
1. Bagaimana saya mengelola pembelajaran secara efektif sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar murid saya? 

saya mengelola pembelajaran murid sesuai dengan minat dan kesiapan belajar murid tentu dengan menyampaikan tujuan pembelajaran apersepsi, mengaitkan materi yang dipelajari kemarin, kegiatan inti sampai dengan penutup yang berisi refleksi. evaluasi dan tindaklanjut.

2.Apa yang akan saya minta murid pelajari? 

Sebagai guru saya akan meminta murid untuk  mempelajari materi yang sesuai dengan tema serta tujuan pembelajaran yang akan dicapai untuk dipelajari hari itu..

3. Bagaimana murid saya harus belajar, difasilitasi pembelajarannya dan berinteraksi satu sama lain?

Pertanyaan awal yang disampaikan murid digunakan untuk membawa arah kemateri pelajaran akan didapatkan umpan balik . Selanjutkan dibentuk kelompok belajar dengan memperhatikan tingkat kemampuan siswa yang berbeda sehingga setiap kelompok mempunyai kemampuan yang hiterogin.

4. Bagaimana mereka mendemonstrasikan hasil pembelajaran mereka? Apa yang akan mereka hasilkan?

Mereka melalui proses bekerjasama dan diskusi untuk menghasilkan hasil pembelajaran. Dan hasil pembelajaran itu dipresentasikan di depan kelas mendemontrasikan. Setelah itu murid yang lain diberikan kesempatan untuk bertanya maupun memberikan tanggapannya. Guru meriview kembali pembelajaran yang telah dilakukan.

5. Apa peran penilaian formatif dan sumatif dalam pembelajaran berdiferensiasi ?

Untuk mengetahui pemahaman murid terhadap materi yang telah dipelajari hari ini dan bagi guru sangat penting untuk memantau perkembangan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan murid  terkait dengan topik atau materi yang sedang dipelajari guna menentukan strategi yang tepat pada pembelajaran selanjutnya.

Setelah melihat Video :

1. Informasi atau fakta apa yang disampaikan dalam video dan artikel tersebut?

a. Video 1 yaitu tentang Memetakan kebutuhan murid dalam pembelajaran berdeferensiasi yaitu kesiapan belajar, minat belajar dan profil belajar murid. Selanjutnya menentukan strategi deferensiasi yang ingin kita lakukan yaitu deferensiasi Konten, deferensiasiproses dan deferensiasi produk.

b. Video 2 yaitu pembelajaran berdiferensiasi dibangun lingkungan belajar yang merupakan  learning community /komunitas belajar yaitu komonitas yang semua anggotanya pembelajar.

c. Penilaian dalam pembelajaran berdiferensiasi berperan membantu guru untuk memahami murid mereka, memantau proses belajar mengajar, dan membangun komunitas kelas yang efektif. Salah satu jenis penialaian yaitu penilaian formatif untuk memantau pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan murid yang berkembang terkait dengan topik atau meteri yang sedang dipelajari.

2. Gagasan baru apa yang Anda dapatkan dari video dan artikel yang Anda lihat?

Setelah mempelajari video dan artikel muncul gagasan baru yang saya dapatkan, yaitu  menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan menerapkan tiga strategi pembelajaran berdiferensiasi, yaitu  konten, proses, produk sesuai kebutuhan belajar murid berdasarkan kesiapan belajar, minat, profil belajar murid dengan mewujudkan lingkungan belajar yang learning comunity

3. Apakah yang menurut Anda akan sulit diimplementasikan? Mengapa?

Cukup sulit terutama dalam memetakan kebutuhan awal murid belum lagi kalau ada anak yang berkebutuhan khusus karena pasti membutuhkan perhatian ekstra.  Tetapi dengan usaha yang sungguh-sungguh pasti bisa dan harus dicoba. 

4. Pertanyaan apakah yang masih Anda miliki atau klarifikasi apakah yang masih Anda perlukan terkait dengan isi video dan artikel tersebut?

Bagaimana teknis pelaksanaan pemetaan kebutuhan belajar, perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang berdeferensiasi dengan kebutuhan belajar yang berbeda-beda dan juga penilaian formatifnya ?