Mulai Dari Diri #2.3 : 

KELAS 04.085 WONOGIRI







TINUK TRIYANA :

1

Response is required
Response is required

Question #2

2

Response is required
Response is required

Meminta anak untuk introspeksi diri untuk melihat apa permasalahan yang dialami

Question #3

3

Response is required
Response is required

Memberikan selamat anak tersebut sebagai penghargaan bahwa dia sudah mendapatkan kepercayaan dari teman-temannya, kemudian memberikan semangat dan motivasi agar anak lebih percaya diri bahwa dia mampu melaksanakan tugas sebagai ketua panitia acara pertandingan olahraga di sekolah

Question #4

4

Response is required
Response is required

Saya berharap setelah belajar modul ini bisa menjadi pendidik yang lebih peka, mampu melihat kondisi sosial emosianal murid, memahami permasalahan yang dihadapi murid, mengaplikasikan coaching bagi murid yang membutuhkan sehingga bisa menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan memberikan pembelajaran yang bermakna pada murid

Question #5

5

Response is required
Response is required

Saya berharap setelah belajar modul ini, murid-murid mampu menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi serta mampu menyiapkan diri baik fisik maupun mental untuk mengikuti kegiatan pembelajaran

Question #6

6

Response is required
Response is required

Saya berharap dalam modul ini bisa belajar banyak hal tentang coaching baik tentang pengertian, tujuan, manfaat dan bagaimana cara/langkah implementasi dari coaching serta berbagai contoh kegiatan coaching. Melakukan kegiatan diskusi bersama rekan-rekan tentang coaching dan melakukan implementasi coaching serta merasakan manfaat coaching berupa terwujudnya lingkungan belajar yang kondusif dan pembelajaran yang bermakna pada murid


SUYADI :

1

Response is required
Response is required
16 Tahun
Question #2

2

Response is required
Response is required

Yang pertama adalah memberi motivasi dan dorongan semangat agar bisa kembali menjadi murid yang berprestasi. Selanjutnya berusaha memberi cara sederhana untuk mengembalikan konsentrasi belajar misalnya dengan membuat jadwal yang konsisten, kalau ada tugas untuk mengerjakan pelajaran yang disukai terlebih dahulu,  dan juga harus diimbangi dengan istirahat cukup dan berkualitas dan sebagainya. 

Question #3

3

Response is required
Response is required

Memberi motivasi dan keyakinan bahwa kamu bisa. Dan juga argumen bahwa kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya, maka harus dimanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya itu untuk menunjukkan bahwa kamu memang mempunyai kemampuan untuk itu. 

Question #4

4

Response is required
Response is required

Pendidik yang solutif, peduli dan tanggap.

Question #5

5

Response is required
Response is required

Bersemangat belajar, punya motivasi lebih untuk menunjukkan kemampuannya, pantang menyerah, optimis menatap masa depan dan peduli sesama.

Question #6

6

Response is required
Response is required

Materi yang saya harapkan adalah yang bisa memotivasi murid, bisa membuat optimis dan yakin serta percaya diri menghadapi masa yang akan datang. Karena pada dasarnya semua murid punya kelebihan masing-masing. Harapannya bisa membantu banyak murid sehingga tidak ada murid yang nglokro (tidak bersemangat dalam menghadapi hidup) karena masa depan mereka masih panjang dan membentang sangat luas.


Dyah Retno Purwaningsih :

1

Response is required
Response is required

Question #2

2

Response is required
Response is required

Saya akan mengajaknya untuk mengingat kembali kesuksesan/ prestasi yang pernah diraihnya. Saya akan mengajaknya untuk melakukan kilas balik tentang usaha yang pernah ia lakukan untuk mencapai prestasinya yang terdahulu, kemudian menanyakan kepadanya apakah ia sanggup melakukannya lagi untuk kali ini dan menghadirkan perasaan dan suasana kesuksesan yang dibanggakan oleh orang tuanya.

Question #3

3

Response is required
Response is required

Saya akan membantunya untuk membuat daftar teman yang bisa diajak bekerjasama untuk hal tersebut, dan meminta mereka untuk bertemu dan berdiskusi bersama.

Question #4

4

Response is required
Response is required

Saya ingin bisa belajar bagaimana peran guru sebagai coach untuk muridnya.

Question #5

5

Response is required
Response is required

Murid akan meningkat prestasinya

Question #6

6

Response is required
Response is required

Pengetaguan dan elaborasi tentang konsep coach dalam pembelajaran.



LUSI RESTIYANI :

1

Response is required
Response is required

Question #2

2

Response is required
Response is required

Terus Memberi Semangat kepada murid tersebut, berusaha menggali apa yang menjadikan dia susah konsentrasi dan motivasi belajarnya menurun. Setelah diketahui sebabnya, kemudian kita sarankan agar menggunakan teknik STOP, supaya dirinya bisa dikuasai, dan menjadi tenang, nyaman, sehingga konsentrasinya kembali. Selain itu diberikan motivasi kembali untuk melanjutkan dan semangat belajar lagi. Tidak lupa tentunya mengajak orang  tua wali untuk memahami kondisi sang anak, mohon kerja samanya agar bisa mensupport anak kembali kepada semangat belajarnya lagi.

Question #3

3

Response is required
Response is required

Pertama-tama kita ajak bincang-bincang, kita gali dulu ,apa saja potensi dirinya selama ini, setelah fakta-fakta dia sudah diketahui, kemudian, kita berikan penguatan, motivasi , semangat, bahwa dia akan mampu menjadi Pemimpin. 

Question #4

4

Response is required
Response is required

Ada Perubahan cara berfikir dalam menghadapi suatu kondisi dan permasalahan, ada perubahan ucapan dan cara komunikasi yang dilakukan, Jika melakukan tindakan, maka yang dapat dipertanggungjawabkan, dan Mampu memberikan perubahan baik , untuk murid-murid atau untuk seluruh warga sekolah.

Question #5

5

Response is required
Response is required

Murid menjadi merdeka tetapi terarah dengan cara berfikir, berucap dan melakukan perbuatan seperti kita, semoga murid saya mendapatkan inspirasi baru untuk terus bersemangat melakukan perbaikan dan perubahan dalam hidupnya, dan jika mereka berpotensi, maka harapan saya setiap murid akan lebih terasah dab berkembang. Potensi mera akan lebih baik dari sebelumnya, Tidak berjalan di temat, tetapi bergerak terus menjadi pribadi yang merdeka  dan bahagia.

Question #6

6

Response is required
Response is required

1. Ada aktifitas/kegiatan yang memotifasi CGP untuk melakukan praktek Coaching yang benar dan tepat

2. Ada contoh Praktek Coaching sebagai praktik baik yang dilakukan



nanti dilanjut peserta berikutnya ya ....