Salah satu tugas seorang pengawas sekolah adalah melakukan supervisi. Supervisi akademik pada guru-guru maupun supervisi manajerial pada kepala sekolah. Beberapa jenis pendampingan diperlukan untuk saling menyukseskan tugas kedua pihak. Pendampingan kepala sekolah merupakan salah satu intervensi Penguatan Sumber Daya Manusia yang dilakukan dalam rangka membangun pendidikan yang sesuai tuntutan zaman.  
            Pembinaan dan Penguatan Kepala Sekolah secara regulasi telah diatur dalam dalam Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 6565/B/GT/2020 tentang Model Kompetensi dalam Pengembangan Profesi Guru. Disebutkan bahwa Pendampingan guru dan kepala sekolah dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya dengan coaching.
            Pendampingan individu dalam bentuk coaching di setiap satuan pendidikan untuk mendukung
pencapaian tujuan sebagai pemimpin pembelajaran. Coaching dilaksanakan menggunakan pendekatan Appreciative Inquiry dengan menerapkan Positive Psychology.  Coaching dilakukan dengan mendiskusikan isu-isu praktik kepemimpinan pembelajaran sehari-hari, mendiskusikan perencanaan kerja kepala sekolah, memfasilitasi refeksi Kepala Sekolah,dan penerapan hasil pembelajaran lokakarya, sehingga Kepala Sekolah mampu :
1. Memimpin pembelajaran di satuan pendidikan
2. Merencanakan proses belajar yang berpusat pada murid
3. Melaksanakan proses belajar yang berpusat pada murid
4. Melibatkan orang tua sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah
5. Mengelola program sekolah yang berdampak pada murid
6. Memimpin refeksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada murid
7. Menyelesaikan tantangan sehari-hari atau membantu pencapaian target sebagai pemimpin.

            Sebagaimana dilatihkan pula kepada para guru yang mengikuti Program Guru Penggerak, salah satu metode yang direkomendasikan dalam melaksanakan coaching adalah TIRTA. Percakapan dan diskusi yang dilakukan saat coaching menggunakan alur TIRTA yang dibagi kedalam tiga sesi, yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian akhir.  Dalam modul PSP maupun PGP, banyak dicontohkan skenario dialog. Berikut salah satu contohnya :





Contoh-contoh dialog coaching dapat disaksikan di channel Youtube saya.  Materi pelatihan Pelatih Ahli tentang Coaching dapat didownload di menu Download. 

Semoga menyemangati ...