Contoh Kasus ini terdapat dalam modul pelatihan Guru Penggerak dimana saya menjadi fasilitator untuk 19 guru hebat di Wonogiri.

Silakan dicermati. 



Anda adalah guru pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Karakter Mulia. 4 hari lagi  adalah hari pembagian raport Semester 1. Sebelumnya, semua guru telah menyerahkan daftar nilai murid-murid pada pelajaran yang diampunya pada kepala sekolah, Ibu Rosdiana. Ibu Rosdiana adalah Kepala Sekolah yang baru bertugas di SMA Karakter Mulia di tahun ajaran ini.  

Hari ini Ibu Rosdiana mengadakan rapat guru.  Ia membuka pertemuan dengan berterima kasih atas kerja keras para guru dalam mengajar murid-murid selama ini dan juga telah mengumpulkan nilai rapor dengan tepat waktu. Kemudian ia menyampaikan bahwa secara umum, nilai raport yang diberikan oleh guru-guru terlalu rendah dan tidak mencukupi untuk mendukung murid-murid masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur nilai raport atau jalur tanpa tes. Ia dengan tegas menyatakan, kalau nilai rapor tetap seperti itu, maka murid-murid sekolah kita sampai kapan pun tidak pernah bisa diterima di PTN dengan jalur nilai raport. Ia juga menyatakan bahwa salah satu target kerjanya di SMA karakter Mulia  adalah membuat 25% murid diterima di PTN dengan jalur raport. Oleh karena itu, sejak murid-murid di kelas 10, nilai raport mereka harus dibuat bagus dan menunjukkan grafik peningkatan. 

Ibu Rosdiana akhirnya meminta guru-guru untuk menaikkan nilai murid-murid 10 poin, maka bila nilai murid 70 maka akan menjadi 80, dan seterusnya, demi membantu masa depan mereka, dan juga demi nama baik sekolah agar kepercayaan masyarakat meningkat bila banyak murid-murid sekolah ini yang diterima di PTN dengan jalur nilai rapor.  Anda telah mengajar di sekolah ini selama lebih dari 5 tahun, dan selama ini Anda merasa diberi otoritas dan kepercayaan penuh dalam memberikan penilaian pada murid-murid Anda, selama ada bukti-bukti penilaian yang lengkap, akurat, dan dapat dipertanggungjawabkan. Anda merasa kredibilitas Anda diragukan dan integritas anda dipertanyakan.  Bila Anda meningkatkan  Apa yang akan anda lakukan dan atas dasar apa Anda melakukan itu?


Tentu anda mempunyai cara berpikir dan pendapat sendiri. Teman-teman saya di kelas 04.085 berhasil mewawancarai guru lain terkait ontoh kasus tersebut. Samakah dengan pendapat anda ?


Bu Dyah Retno


 

Bu Rahayu


Wawancara lainnya dapat disimak di link berikut. Semuanya Seru dan menginspirasi !!

ANKAI WAHYUNI TANJUNG HANDAYANI -

https://drive.google.com/file/d/1bUFvmKK68oeOtpvi4uwmNrUxEd7CoDIZ/view?usp=sharing 


ANGGI PERMATA SARI .

https://drive.google.com/file/d/1xewXRR1aDz9alEaTjnU4qkdub_VjFPKH/view?usp=sharing


MARDOMO SUSANTO .

https://drive.google.com/file/d/1Zm2_ZkNpm7iLwJRGDUYIC0X_wUugta5u/view?usp=drivesdk


SUYADI .

https://drive.google.com/file/d/1uJ1Oxbz4u7RkXSanqPKLmW34WBjHsQCq/view?usp=sharing


ERWINA ERWINA

https://drive.google.com/file/d/1ofGQNNRCpmse7ntOB_7Bt0WHzqHzKflQ/view?usp=drivesdk


TRISNIWATI GONDO

https://drive.google.com/file/d/16Ih_vK5jlxr5JnxSC-GMYsbAOXI29aOU/view?usp=sharing


GAYAN INANGI MEISELLA

https://drive.google.com/file/d/1EXB0qKzMfphD2D5WvGg98qmFLGLMPaE-/view?usp=sharing


BEKTI INDAH PALUPI

https://drive.google.com/file/d/1Y7NcRMrDw234H6rr_d8Yu_TQiMzz8tMS/view?usp=sharing


LUSI RESTIYANI

https://drive.google.com/file/d/1nX63wQOM5DX2J3iT_1e3IK-NEjnA_Wnl/view?usp=sharing


GUNARNO S.Pd

https://drive.google.com/file/d/1-4tVQ6iE1AhNHxzH25IiLx3BbeC7Dk4a/view?usp=sharing


SUPARMAN S.Pd

https://drive.google.com/file/d/1kdZB24D9O4Wlno-7UkCjUnAsLTOmVGk1/view?usp=drivesdk


SUGIYADI SPd

https://drive.google.com/file/d/1bs84-BGsgMmr7zmk6SgrcYn0TgV_z7KC/view?usp=sharing


Febri Sumarianto https://drive.google.com/file/d/1gDDXnLmJMkWBVP0CaY6EOcbGB6zDafsv/view?usp=sharing


TINUK TRIYANA

https://drive.google.com/file/d/1Z-Ged2hv0hU2ghKmXwxW0rOmGRFAJSdv/view?usp=sharing

MADHONA WIDYANINGRUM

https://drive.google.com/file/d/1l6AktqRTRzFVKyTMoVrEB5fvtGv3FcpF/view?usp=sharing


#ini cara saya menyimpan dokumentasi kegiatan#

#fasilitator program guru penggerak#