Jenis Karya Inovatif Pengawas:
1. Karya Sains/ Teknologi Tepat Guna
a. Karya hasil rancangan/pengembangan/percobaan sains dan/atau teknologi
b. Dibuat atau dihasilkan dengan menggunakan bahan, system, atau metodologi tertentu
c. Dimanfaatkan untuk pendidikan atau masyarakat sehingga pendidikan terbantu kelancarannya
d. Atau masyarakat terbantu kehidupannya
Ciri Karya Sains/Teknologi yang Dapar Dinilai ANgka Kreditnya
- Bermanfaat untuk tugas kepengawsan persekolahan/pendidikan atau masyarakat
- Memiliki surat keterangan dari pihak berwwenang minimal dari kepala sesa/kelurahan atau instansi tempat karya sains/teknologi digunakan.
- Ada unsur modifikasi/inovasi bila sebelumnya sudah pernah ada dis ekolah atau di lingkungan masayarakat tersebut.
Jenis Karya Sains/Teknologi
- Hasil pengebangan model pengawasan
- Media dan alat bantu pelatihan/pmbimbingan guru/kepalas ekolah
- Program aplikasi computer untuk kepengawasan/persekolahan
- Bahan ajar mandiri berbasis computer
- Alat/mesin/konstruksi tertentu yang bermanfaat untuk pendidikan atau masayrakat
Jenis Pengembangan Model Pengawasan
- Model pengawasan manajerial
- Model pengawasan akademik
- Model pelatihan atau pembimbingan
- Model pembinaan professional guru
Pembuatan/Modifikasi Media dan ALat Bantu Pelatihan
- Poster yang dibuat rapih dan menarik yang digunakan untuk pelatihan guru/kepalas ekolah
- Model benda/barang atau alat tertentu yang digunakan untuk pelatihan guru/kepala sekolah
- Film/video/animasi computer yang digunakan untuk memperjelas konsep materi pelatihan (biasanya ada dalam media presentasi/power point
- Alat bantu pelatihan/pembimbingan tertentu yang digunakan untuk pelatihan guru/kepala sekolah
Bahan Ajar Mandiri Berbasis Komputer untuk Guru/Kepala Sekolah
- Bahan ajar mandiri ebrbasis computer untuk guru (lengkap satu materi yang dapat digunakan secara mandiri tanpa kehadiran penagwas
- Bahan ajar mandiri berbasis computer untuk kepala sekolah (lengkap satu materi yang dapat digunakan secara mandiri tenpa kehadiran penagwas)
Program APlikasi Komputer
- Pengawasan
- Manajemen sekolah
- Pembelajaran
- Penilaian
Alat/Mesin/Konstruksi yang Bermanfaat untuk Pendidikan atau Masyarakat
- Alat/mesin tertentu untuk keperluan masyarakat
- Konstruksi tertentu untuk keperluan masyarakat
Tingkat Inovasi, Manfaat, Ukuran, Waktu/Lama Pembuatan
Kompleks AK = 4
Sederhana AK = 2
Tabel Jenis Karya Sains/Teknologi
1. Pengembangan Model (pengawasan/manajemen/pembelajaran/pelatihan/pembimbingan) dilengkapi dengan video pelaksanaan model (Kompleks AK=4, jika Setiap dua model durasi minimal 30 menit; Sederhana AK=2, jika setiap satu model durasi minimal 30 menit)
Bukti fisik:
a. Laporan hasil pengem-bangan model (penga-wasan/ manajemen/ pembelajaran/ pelatihan/pembimbingan).
b. Lembar pernyataan keaslian dari yang bersangkutan
c. Lembar pengesahan oleh Koordinator Pengawas Video pelaksanaan model (disimpan dalam CD/flashdisk)
2. Media Pembelajaran pembelajaran untuk pelatihan/ pembimbingan guru/kepala sekolah (berupa poster bergambar, alat permainan pendidikan, model benda/ alat tertentu, video/animasi computer (Kompleks, jika setiap dua model durasu minimal 30 menit; Sederhana AK=2, jika Setiap 4 Unit media durasi 15 menit)
Bukti fisik:
a. Laporan hasil pembuatan media pembelajaran
b. Lembar pernyataan keaslian dari yang bersangkutan
c. Lembar pengesahan oleh Koordinator Pengawas
d. Foto media pembe-lajaran atau bila berupa video atau animasi dikirimkan softcopy dalam CD/flashdisk
3. Bahan belajar mandiri berbasis computer untuk pembinaan guru dan/atau kepala sekolah (Kompleks AK=4, jika Setiap dua (2) judul durasi minimal 30 menit; Sederhana AK=2, jika Setiap satu (1) judul durasi minimal 30 menit
Bukti fisik:
a. Laporan hasil pem-buatan bahan belajar mandiriberbasis komputer.
b. Lembar pernyataan keaslian dari yang bersangkutan
c. Lembar pengesahan oleh Koordinator Pengawas Softcopy bahan belajar mandiri berbasis komputer dalam CD/flashdisk
4. Program aplikasi computer untuk bidang pengawasan (kompleks AK=4, jika 2 buah program; Sederhana AK=2, jika 1 buah program
Bukti fisik:
a. Laporan hasil pembu-atan program aplikasi komputer untuk bidang pengawasan.
b. Lembar pernyataan keaslian dari yang bersangkutan
c. Lembar pengesahan oleh Koordinator Pengawas Video pelak-sanaan model (disimpan dalam CD/flashdisk)
5. Unit alat/mesin/konstruksi yang bermanfaat untuk epndidikan/masyarakat (Kompleks, jika dua unit; Sederhana, jika satu unit)
Bukti fisik:
a. Laporan hasil pembuatan unit alat/mesin/konstruksi yang bermanfaat untuk pendidikan
b. Lembar pernyataan keaslian dari yang bersangkutan
c. Lembar pengesahan oleh Koordinator Pengawas.
Format Laporan Karya Sains/Teknologi:
1. Halaman judul
Memuat jenis laporan (tuliskan laporan Pembuatan Karya Sains/Tekologi). Nama karya sain/teknologi, nama pembuat, NIP dan tempat tugas.
2. Halaman Pengesahan
Disahkan oleh Korwas
3. Halaman Pernyataan
Berisi pernyataan keaslian/belum pernah diusulkan oleh pengawas yang bersangkutan
4. Kata Pengantar
5. Daftar Isi
6. Nama Karya Sains/Teknologi
7. Tujuan
8. Manfaat
9. Rancangan/Desain Karya Sains/Teknologi
Dilengkapi dengan gambar rancangan atau diagram alir serta daftar dan foto alat dan bahan yang digunakan
10. Prosedur Pembuatan Karya Sains/Teknologi
Dilengkapi dengan foto pembuatan
11. Penggunaan Karya Teknologi di Sekolah atau di Masyarakat
Dilengkapi dengan foto penggunaan
12. Nambah Catatan:
a. Foto tembahan Foto tambahan dapat ditempatkan pada lampiran
b. Untuk pengembangan model harus disertakan/dikirimkan soft copy video model yang dikembangkan
c. Untuk program aplikasi komputer soft copy program harus disertakan/dikirimkan