Hasil rekaman latihan coaching : 


Percakapan coaching untuk perencanaan
  • Kapan kita melakukan percakapan coaching untuk perencanaan?
  • Sebelum memulai pendampingan kepada Kepala Sekolah. Pendampingan harus bersifat suatu pengembangan jangka pendek (3-6 bulan)
  • Sebelum memulai/terlibat dalam suatu kegiatan atau melakukan suatu tugas
  • Bagaimana cara melakukan percakapan coaching untuk perencanaan?

    • Tanyakan tujuan perencanaan: apa yang ingin dicapai dengan program pengembangan/kegiatan

    • Tentukan ukuran keberhasilan program pengembangan/kegiatan

    • Identifikasi hal-hal yang harus disiapkan/dikembangkan

    • Identifikasi hal-hal yang sudah ada yang bisa membantu keberhasilan

    • Identifikasi dukungan yang diperlukan

  • TIPS

    • Untuk membuat rencana pengembangan kompetensi, silakan merujuk ke Kompetensi Kepala Sekolah sebagai acuan.

    • Di tahap ini, tidak perlu menggali secara detil. Dapatkan informasi yang cukup spesifik tapi tidak terlalu detil. Pembicaraan sangat detil akan dilakukan di sesi coaching.

    • Saat melakukan percakapan, jangan meminta coachee mengisi form. Tapi dapatkan jawaban melalui percakapan

Percakapan Perencanaan

  • Mulai dengan memberi salam pembuka dan menyatakan untuk apa tujuan percakapan ini (misalnya Kita akan membuat Rencana Pengembangan Kompetensi Bapak/Ibu ya, dalam 15 menit ke depan)
  • Pertanyaan 1: Kompetensi Kepala Sekolah yang mana yang ingin dikembangkan dalam 3 bulan ke depan? Apa yang ingin dilihat di Kompetensi tersebut
  • Dengarkan, tangkap kunci dan perdalam dengan 1-2 pertanyaan, jika perlu.
  • Pertanyaan 2: Apa ukurannya bahwa Kompetensi tersebut sudah tercapai?

    • Dengarkan, tangkap kunci dan perdalam dengan 1-2 pertanyaan, jika perlu.

  • Pertanyaan 3: Apa saja yang dirasakan perlu dikembangkan dalam 3 bulan ini?

    • Dengarkan, tangkap kunci dan perdalam dengan 1-2 pertanyaan, jika perlu.

  • Pertanyaan 4: Perlu dukungan dari siapa saja? Dukungan seperti apa?

    • Dengarkan, tangkap kunci dan perdalam dengan 1-2 pertanyaan, jika perlu.



Percakapan untuk Refleksi

  • Kapan kita melakukan percakapan coaching untuk refleksi?

    • Setelah ada aktivitas yang dilakukan oleh kepala sekolah sendiri

    • Setelah mengikuti suatu aktivitas

    • Setelah menyelesaikan suatu tugas

  • Bagaimana melakukannya percakapan coaching untuk refleksi?

Tips

  • Saat melakukan percakapan refleksi, beri banyak ruang hening

  • Izinkan coachee mengungkapkan refleksinya dengan bebas

  • Jaga presence kita untuk membantu menjaga “ruang” percakapan yang aman dan nyaman bagi coachee.